Setiap sekolah yang telah melaksanakan serangkaian proses pembelajaran pasti melaksanakan penilaian baik penilaian harian maupun penilaian semester atau tahunan. Tak terkecuali di MATSASURBA. Biasanya, penilaian semester atau tahunan di MATSASURBA dilaksanakan dengan paper-based. Namun, sejak dilaksanakannya Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap 2022/202, ujian yang biasanya dilaksanakan menggunakan kertas dan lembar jawab tersebut berubah sistem dengan menggunakan perangkat elektronik.

Hari Senin, 27 Maret 2023 sampai 4 April 2023 para siswa MTs Surya Buana melaksanakan ujian bebasis program Computer Based Test (CBT). Program CBT ini bertujuan untuk membantu siswa siswi agar bisa menyesuaikan diri dengan adanya perkembangan teknologi digital yang semakin maju. Saat ini sistem CBT sudah mulai diterapkan di beberapa sekolah.

Menariknya, sistem CBT yang diterapkan di MTs Surya Buana kali ini memiliki kelebihan, yakni siswa tidak dapat membuka aplikasi lain saat sedang mengerjakan soal ujian. Hal tersebut juga semakin melatih kejujuran dan semangat siswa untuk belajar supaya dapat menjawab soal berdasarkan kemampuan masing-masing. 

Dalam penerapannya, saat ujian PTS berlangsung, siswa MTs Surya Buana wajib membawa perangkat elektronik, baik ponsel maupun laptop. Setiap harinya ada dua mata pelajaran yang diujikan. Pada pukul 07.15–08.00 para siswa MTs Surya Buana melaksanakan salat duha terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan ujian pertama pada pukul 08.00–10.00. Setelah itu pada pukul 10.00–10.15 para siswa beristirahat sejenak dan dilanjutkan dengan ujian kedua pukul 10.15–11.45. Selanjutnya, pukul 11.45–12.30 mereka salat zuhur dan pulang sekolah.

Sistem penggunaan CBT ini sangat mudah. Para siswa hanya perlu menyiapkan ponsel atau laptop, lalu membuka google dan memasukkan IP adress dari proktor sekolah, kemudian memasukkan nomor peserta masing-masing untuk login. Selanjutnya, mereka mengisi token yang akan diperoleh dari pengawas ujian. Pengawas ujian pun juga dapat memantau siapa saja siswa yang telah mulai mengerjakan dan mengumpulkan hasil ujian.

“Sistem CBT sangat menyenangkan karena praktis dan dapat memudahkan siswa dan siswi untuk mengerjakan ujian,” ujar Aqila siswa kelas 8C. Para siswa MTs Surya Buana sangat senang dengan adanya sistem CBT. Setelah PTS Genap pun, CBT tetap digunakan dalam pelaksanaan penilaian di MATSASURBA, seperti Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan Asesmen Madrasah (AM). (Sabrina Izzati)

?>