MALANG KOTA – TIM Madrasah Tsanawiyah Surya Buana berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Cerdas Cermat Agama tingkat Jawa Timur. Mereka adalah Hammam Rahardja Abdillah, Fahfiudina Nurul Qolbiyah, dan Iqbal Nabila Muhammad. Lomba yang diadakan oleh SMAN 3 Malang itu diikuti oleh ratusan sekolah yang datang di berbagai daerah

se Jawa Timur.

Salah satu dari mereka menceritakan tentang jalannya lomba, mulai dari persiapan sampai keluar menjadi pemenang ketiga. Mereka tidak melakukan persiapan khusus dalam menghadapi lomba itu, maklum mereka semua sudah kelas IX sehingga lebih fokus untuk mempersiapkan Ujian Nasional (UN). Walaupun demikian usaha untuk belajar tetap mereka lakukan. Beberapa hari sebelumnya mempelajari kisi-kisi lomba tersebut. dari kisi-kisi itulah berbagai referensi mereka kumpulkan, buku bahkan browsing internet.

Lomba yang dilaksanakan pada tanggal 08 Maret 2015 itu dimulai pukul 07.30 WIB. Peserta dikumpulkan diaula terlebih dahulu, lalu ada penyampaian motivasi yang sudah disiapkan oleh pihak panitia. Setelah ada pengarahan terkait lomba, semua peserta memasuki ruangan khusus. Babak penyisihanpun dimulai, dalam babak ini semua peserta mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dan uraian 5 soal dengan waktu mengerjakan 60 menit. Setelah itu diumumkan tim yang masuk 10 besar. Tim yang masuk 10 besar ini yang berhak untuk mengikuti babak selanjutnya. Babak selanjutnyapun dimulai. Pada babak ini lomba dibuat pos per pos, masing masing pos ada soal yang harus dikerjakan oleh peserta seperti Alquran Hadis, SKI dan sejenisnya. Dari babak ini diambil 3 Tim terbaik untuk masuk final. Di babak final inilah tim MTs Surya Buana meraih juara 3.

Mereka meyampaikan bahwa walaupun juara 3 mereka sangat puas, Sebenarnya mereka bisa menjawab semua soal yang ada di babak final, tapi kalah cepat dengan yang lain. “Alhamdulillah, bisa juara 3 kami langsung sujud syukur” kata mereka. (ar)