MTs Surya Buana mengadakan rangkaian acara mulai Selasa (15/8) hingga Kamis (17/8) untuk memeriahkan HUT ke-78 RI. Seluruh guru, karyawan, dan siswa diwajibkan untuk berpartisipasi dalam pekan kemerdekaan ini.

Perayaan dimulai hari Selasa (15/8) dengan lomba-lomba antarkelas untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI. Beberapa lomba yang diadakan di antaranya adalah futsal teropong, voli tertutup, balok estafet, dan ular naga. Lomba-lomba tersebut diadakan untuk melatih siswa dalam bersikap sportif. "Dalam pelaksanaan lomba, kita harus sportif dan tidak boleh ada kecurangan apapun," tutur Bapak Akhmad Riyadi dalam sambutannya selaku kepala madrasah.

Seluruh lomba yang diadakan merupakan lomba yang cara bermainnya berkelompok. Hal ini dimaksudkan agar seluruh siswa bisa berpartisipasi dalam lomba kemerdekaan RI ini. Bapak Fadhly Darmawan selaku penanggung jawab acara dari pihak guru mengatakan bahwa bentuk kegiatan ini bisa membangun sikap kepemimpinan dan kerja sama tim di samping jiwa kompetitif siswa. "Kami harap melalui kegiatan lomba-lomba seperti ini, siswa dapat berlatih untuk bekerja sama dalam tim untuk mencapai satu misi yang sama," tutur beliau yang juga mengampu mata pelajaran PJOK di MTs Surya Buana tersebut.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan jalan sehat pada hari Rabu (16/8). Jalan sehat diadakan di area perkampungan sekitar kampus 4 Surya Buana. Seluruh peserta jalan sehat yang merupakan siswa Matsasurba mengenakan pakaian dengan suasana merah-putih sebagai bentuk semangat kemerdekaan RI.

Setelah itu dilanjutkan dengan lomba kebersihan kelas dan lomba tumpeng yang diadakan dalam ruangan. Lomba kebersihan kelas sekaligus merupakan ajang bagi siswa untuk mendekorasi ulang kelas untuk membuat kegiatan pembelajaran mereka selama setahun ke depan lebih nyaman. Acara pada hari kedua tersebut ditutup dengan pembagian hadiah jalan sehat dan pengumuman pemenang seluruh lomba.

Puncaknya, pada hari Kamis (17/8) diselenggarakan upacara bendera memperingati kemerdekaan RI. Upacara tersebut sejatinya diadakan oleh Yayasan Bahana Cita Persada tempat MTs Surya Buana bernaung. Diadakan di lapangan Kampus 4 Surya Buana, peserta upacara terdiri dari seluruh warga lembaga Surya Buana mulai dari KB-TK, SDI, MTs, SMA, hingga Pondok Pesantren Surya Buana. Seluruh peserta upacara mengenakan baju adat dari seluruh Indonesia untuk menggambarkan bahwa kemerdekaan diperoleh melalui persatuan rakyat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku. (A. Wiqoyil Islama)

?>