Malang Kota – Dalam rangka meningkatkan kualitas lembaga, MTs Surya Buana yang dikenal dengan sebutan MATSASURBA menandatangani naskah kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Acara yang digelar di hotel Ibis Malang tersebut dihadiri oleh Rektor UIN Malang yakni Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag, sementara dari pihak MTs Surya Buana diwakili oleh Akhmad Riyadi, S.Si, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Madrasah. Kerjasama yang dimaksud dalam rangka peningkatan mutu pendidikan pada masing-masing instansi.

Kegiatan diawali dengan sambutan Rektor UIN Malang. Dalam sambutannya Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap lembaga yang sudah hadir. Selain memeberikan sambutan beliau juga diminta untuk membuka acara. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan stadium general oleh Dr. H. Agus Maimun, M.Pd. Dosen yang sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut memaparkan bahwa penguatan internal indikator lembaga pendidikan berprestasi yaitu: akhlakul karimah, kesenangan dan kemampuan membaca, kemampuan matematika, ilmu pengetahuan yang dikembangkan terintegrasi, penguasaan teknologi informasi, penguasaan bahasa asing, belajar bagaimana belajar, kewarganegaraan (nasionalisme dan patriotisme), tingkat droup-out rendah, jumlah siswa yang melanjutkan ke jenjang berikutnya, pasrtisipasi pada berbagai kegiatan di luar sekolah, sistem evaluasi, partisipasi orang tua, pendidikan dan pelatihan guru, jumlah sarana yang dimiliki (termasuk komputer), dan biaya yang dikeluarkan untuk kepentingan pendidikan.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 18-19 tersebut tertuang dalam naskah kerjasama Nomor: Un.3.1/HM. 01/1458/2017. Adapun tujuan kerjasamanya untuk meningkatkan mutu program, layanan, dan keilmuan yang menjadi komitmen bersama sesuai visi, misi, tujuan, tugas pokok dan fungsi kelembagaan masing-masing. Sedangkan lingkup kerjasamanya meliputi bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pemanfaatan dan sharing sumberdaya kelembagaan, penerbitan dan publikasi, dan bidang lain yang disepakati. (ar)