MALANG KOTA – Satu lagi siswa Madrasah Tsanawiyah Surya Buana berprestasi tingkat Jawa Timur. Adalah Mayzeda Firdausi Nuzula yang telah berhasil meraih juara 2 pidato bahasa inggris. Lomba yang diadakan oleh MAN 3 Malang pada bulan Maret 2015 itu diikuti oleh ratusan peserta yang datang dari berbagai sekolah/madrasah se Jawa Timur.

 

Mengenai lomba tersebut, para peserta awalnya di kumpulkan bersama-sama di aula untuk menerima penjelasan dan ketentuan terkait lomba

tersebut. Setelah semua peserta dipastikan paham dengan ketentuan lomba tersebut, acara langsung dilanjutkan dengan babak penyisihan. Masing-masing peserta menunjukkan kemampuan bahasa inggrisnya. Diantara sekian peserta lomba siswa kelas VIII yang biasa dipanggil Lala tersebut mendapat nomor urutan ke-5. Penampilan anak yang punya hobi menulis itu dari awal sudah menyita perhatian juri.Bukan hanya isi pidatonya yang menarik, kepercayaan diri Lala juga mendapat apresiasi yang lebih dari juri.

 

Dari babak penyisihan diambil 5 peserta terbaik. Siswa yang punya hobi menulis tersebut masuk didalamnya.”Alhamdulillah, saya bisa masuk final 5 peserta terbaik, walaupun habis ini masih akan berjuang lagi,” katanya.

 

Finalpun dimulai, masing-masing peserta dikumpulkan didalam suatu ruangan khusus. Di final itulah Lala berhasil keluar sebagai Juara 2.

 

Tentang isi pidato yang ia sampaikan, Lala mengambil tema Problem di Indonesia dan Solusinya. Ia menjelaskan bahwa masalah di Negara Indonesia sangat komplek. Mulai dari korupsi yang dilakukan oleh para pejabat, generasi mudanya pun banyak yang mengkonsumsi narkoba dan sejenisnya. Hal itu terjadi karena banyak orang Islam yang pintar mengaji, tapi tidak pernah mengamalkan apa yang ada di dalam alquran itu sendiri. “Semua masalah bangsa ini akan selesai, ketika kita semua berpegang teguh pada Alquran dan Sunah Nabi Muhammad SAW, Alquran bukan hanya untuk dibaca tetapi juga harus diamalkan apa yang terkandung di dalamnya. Kita sebagai generasi muda harus mencontoh dan mengidolakan Rasulullah Muhammad SAW, karena dalam diri Beliau terdapat contoh yang baik,” Ujar siswa kelahiran 19 Maret 1999.

 

Selain itu, ia juga sangat senang dengan prestasi yang kali kedua ini, setelah sebelumnya ia juga meraih Juara 1 Pidato Bahasa Inggris Tingkat Kota Malang. “Alhamdulillah, dengan prestasi ini semakin memotivasi saya untuk terus berprestasi,” Ujar putri pasangan Salahudin dan Wiwin Rahayu Ningsih.

 

Sementara itu, Guru pembimbingnya, Athika Diena mengungkapkan apresiasinya. Menurut Athieka, tidak hanya prestasi Lala yang membanggakan, tapi juga kegigihannya dalam belajar. “Itu layak menginspirasi semua siswa, khususnya di MTs Surya Buana,” tandas Athieka. (ar)