Kota Malang Perjuangan Alfina Nur Isrofi akhirnya membuahkan hasil, setelah tampil memukau dalam Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional. Dalam Lomba yang diadakan oleh UIN Malang, siswa yang akrab dipanggil Fina tersebut berhasil meraih Juara II Lomba Pidato Bahasa Inggris SMP/MTs Tingkat Nasional (23/08/2014). Lomba yang diikuti oleh pelajar seluruh Indonesia tersebut, terbilang lomba yang cukup bergengsi. Hal itu sudah terlihat mulai dari tahap seleksi yang sangat ketat sampai pada juri yang didatangkan, semua berasal dari pakar pendidikan khususnya dibidang Bahasa Inggris, yakni dari kalangan Dosen.

Lomba pada hari itu dimulai dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari panitia terkait ruangan lomba dan teknis pelaksanaannya. Setelah semua peserta dipastikan di dalam ruangan, lomba pun dimulai. Penampilan peserta nomor urut satu pun dimulai. Setiap peserta diberi waktu untuk tampil sekitar 5-7 menit. Komentar dari juri semuanya positif, mengingat penampilan dari semua peserta yang sangat bagus. Sedangkan Fina memperoleh kesempatan tampil sekitar pukul 11.00 WIB.

Ada kisah menarik dibalik keberhasilan siswa MTs Surya Buana yang juga pernah mengenyam pendidikan di Australia tersebut. Sebelumnya ia sudah beberapa kali menjuarai Lomba yang sama untuk tingkat Kota maupun Propinsi. Sedangkan untuk Tingkat Nasional baru kali pertama Fina ikuti. Persiapan Fina mengikuti lomba tersebut bisa dibilang singkat, yakni hanya 1-2 hari. Walaupun demikian ia berusaha maksimal memanfaatkan waktu yang sebentar itu untuk menampilkan yang terbaik. “ Ya saya buat teks pidatonya dulu, setelah itu saya konsultasikan dengan guru pembimbing saya yakni Miss Tika. Setelah mendapat beberapa masukan saya mulai berlatih. Alhamdulillah berkat masukan dari Miss Tika dan juga Orang Tua, saya bisa tampil maksimal, dan bisa meraih Juara II,tutur siswa yang juga mantan ketua OSIS tersebut. Selain itu sebelum ia tampil, tidak lupa untuk berwudhu dulu. “Saya ingat pesan guru dan kakak kelas saya, bahwa jangan lupa berwudhu dulu sebelum melakukan aktivitas, apalagi lomba,” sambung siswa yang bercita-cita ingin menjadi Dokter tersebut.

Sementara itu Waka Kesiswaan MTs Surya Buana Siti Zubaidah, S.Pd,mengungkapkan apresiasinya. Menurut Ida, Prestasi Fina luar biasa, mudah-mudahan bisa menjadi motivasi tersendiri buat Fina dan siswa-siswa yang lain. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berpartisipasi membantu dan membimbing siswa-siswa MTs Surya Buana sehingga bisa berprestasi di Tingkat Nasional, mudah-mudahan prestasi Fina bisa menginspirasi siswa-siswa yang lain untuk terus berprestasi,” ungkapnya. (ar)