MALANG KOTA - MTs Surya Buana (MATSASURBA) Malang memperingati HUT RI ke-71 RI dengan mengadakan berbagai lomba. Ada lomba menghias tumpeng, menghiasa kelas, menulis artikel bertema Kemerdekaan, tutuk gendok, boom on tempeh, juga cantol caping. Selasa (16/08/16). Rangkaian kegiatan ini bertemakan MATSASURBA Berkarya, yang bertujuan memberikan motivasi kepada siswa untuk terus berkarya sesuai bidangnya.

Semangat kemerdekaan terlihat dari keceriaan seluruh warga MATSASURBA dalam mengikuti rangkaian perlombaan, khususnya dalam lomba menghias tumpeng. Lomba tumpeng ini tidak hanya melibatkan siswa, namun juga wali kelas beserta orangtua.

“Menghias tumpeng merupakan bagian dai langkah kami dalam menghidupkan paguyupan orangtua agar ada partisipasi langsung dalam memperingati HUT RI. Orangtua murid merespon baik dengan lomba ini, juga bersedia menyiapkan tumpeng untuk dihias di sekolah. Harapannya partisipasi aktif dari orangtua,” ungkap Moh. Saleh, S.Pd, Ketua Pelaksana Kegiatan.

Usia kemerdekaan Indonesia ke-71 ini tentunya bukan usia muda lagi, untuk mempertahankan Kemerdekaan bangsa dibutuhkan perbaikan dalam segala bidang, khususnya bidang pendidikan.

MATSASURBA memiliki cara sendiri untuk membekali siswa yaitu dengan pembentukan karakter melalui kegiatan kerohanian seperti kegiatan salat Dhuha, Dzuhur, dan Ashar berjamaah yang menjadi kegiatan rutin setiap hari.

Kepala MTs Surya Buana, Akhmad Riyadi, S.Si, S.Pd, M.Pd menghimbau kepada para guru untuk memberikan tauladan yang baik dari segi ucapan, pakaian, dan tingkah laku. Selain itu juga menghimbau kepada para siswa untuk terus berkarya sesuai kemampuan, karena Matsasurba memfasilitasi siswa dalam mengembangkan bakat dan minat baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

“Pendidikan yang baik adalah yang member pilihan, bidang apa yang diminati anak sebaiknya dikembangkan. Saya berharap nanti sekolah ditingkat SMP bisa diberi pilihan sesuai keinginan dan kemampuan anak,” tegas Akhmad Riyadi.

Berita diatas di muat di Malang Pos edisi Kamis, 18 Agustus 2016