Perawakannya kalem, pendiam, namun penuh percaya diri. Ya, Alfian Irfansyah namanya. Putra kedua pasangan Bapak Joko Purcahyono dan Ibu Lila Bauw ini berhasil menambah koleksi juara untuk MTs Surya Buana Malang. Dalam ajang IPITEX 2018 (International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition) di Bangkok Thailand yang diadakan oleh National Research and Council Thailand (NRCT), Alfian berhasil meraih silver award dan special award II. Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh 24 negara yakni Kanada, China, Mesir, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Lebanon, Makau, Malaysia, Filipina, Polandia, Rumania, Rusia, Saudi Arabia, Singapura, Korea Selatan, Sri Langka, Taiwan, Uni Emirate Arab, Inggris, Vietnam dan Thailand.

Silver Award diperoleh Alfian setelah berjuang melawan ribuan peserta dari segala penjuru dunia. Dalam waktu 8 hari, 6 hari diantaranya merupakan waktu efektif dalam perlombaan. 4 hari pertama adalah sesi penyeleksian lomba dan 2 hari berikutnya yaitu penentuan final. Sementara itu, special award  II diraihnya dari negara Iran dan Philipina.

Siswa kelahiran Jayapura, 30 Januari 2005 ini, mengusung penelitian berjudul Areca Nut Based Mouth Wash. Tanah kelahirannya memberikan inspirasi bagi Alfian untuk mengubah buah pinang menjadi bahan pencuci mulut yang berkhasiat. Kebiasaan masyarakat Papua yang suka mengginang menggunakan buah pinang terbukti mampu menguatkan gigi.  Dalam kesempatan ini, Alfian mengubah buah pinang menjadi bahan pencuci mulut yang praktis. (FUR)