Dalam dunia pendidikan, tentu kita semua familier dengan istilah akreditasi. Akreditasi merupakan suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan negeri dan swasta. Lembaga yang berwenang untuk melakukan akreditasi ialan Badan Akreditasi Nasional. Akreditasi instansi pendidikan dilaksanakan dalam lima tahun sekali. Pada tahun 2021 ini, MATSASURBA mendapatkan giliran untuk mendapatkan ‘inspeksi’ kembali terkait mutu lembaga.

Pada akreditasi kali ini, aspek yang dinilai berbeda dari lima tahun lalu. Apabila akreditasi sebelumnya terdapat delapan aspek yang dinilai, akreditasi kali ini hanya empat aspek, yakni mutu lulusan, mutu proses pembelajaran, mutu guru, dan mutu manajemen sekolah. Keempat aspek tersebut tentunya memiliki indikator-indikator yang harus dipenuhi oleh setiap instansi pendidikan.

Dalam menyiapkan akreditasi ini, para guru MATSASURBA membentuk tim yang dibagi berdasarkan mutu sehingga setiap guru memberikan sumbangsih untuk menyukseskan akreditasi tersebut. Akreditasi kali ini dilaksanakan secara daring karena efek pandemi yang sampai sekarang masih belum usai. Dilaksanakan secara bertahap, tahap pertama akreditasi yakni verifikasi dokumen dan tahap kedua adalah visitasi. Verifikasi dokumen dilaksanakan selama kurang lebih dua minggu dengan tenggat waktu tanggal 5 September 2021. Dokumen-dokumen yang telah disiapkan oleh MATSASURBA tersebut diunggah ke situs akreditasi nasional. Setelahnya ialah visitasi yang dilaksanakan selama dua hari, yakni pada Jumat dan Sabtu, 10 dan 11 September 2021.

Tahap visitasi merupakan sesi wawancara kepada seluruh warga MATSASURBA. Tidak hanya kepala madrasah dan guru, tetapi karyawan, siswa, dan wali murid pun turut diwawancarai. Sebelum sesi wawancara, terdapat sesi peer teaching yang dilaksanakan oleh dua guru MATSASURBA. Pengawas MATSASURBA, Ibu Dra. Hj. Firma Luluk La’alik, M.Pd. turut mendampingi selama visitasi. Selama dua hari tersebut, sesi wawancara berjalan dengan lancar dan menuai respon positif dari para visitor. Komentar-komentar positif dari para visitor pun akhirnya terejawantah pada Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Dalam surat keputusan tersebut, nilai yang diraih oleh MATSASURBA ialah 93. Hal tersebut menunjukkan bahwa MATSASURBA berhasil mempertahankan predikat A-nya. Tidak hanya itu, nilai tersebut meningkat dibandingkan dengan nilai akreditasi lalu. Hasil yang gemilang ini tidak serta merta membuat MATSASURBA bersantai dan berpuas hati, tetapi sebagai motivasi untuk selalu berbenah agar bisa menjadi lebih baik dari hari ini. (Ruz)