Mungkin sebagian besar dari kita sudah familier dengan istilah PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni. Event yang diadakan secara rutin setiap dua tahun sekali ini merupakan sebuah wadah dan ajang bagi para siswa untuk unjuk kebolehan skill mereka di bidang olahraga dan seni sesuai jenjang mereka masing-masing. PORSENI MTs pada tahun 2021 ini diselenggarakan berbeda dari sebelumnya disebabkan pandemi. Event PORSENI yang biasanya diselenggarakan secara langsung kini terpaksa dilaksanakan dengan daring dan luring serta seleksi dimulai dari tingkat propinsi. Cabang olahraga Catur, Tenis Meja, dan Bulu Tangkis diselenggarakan secara luring, sedangkan Pencak Silat dan cabang seni dilaksanakan secara daring dengan cara mengirimkan video kepada panitia.

PORSENI MTs Jawa Timur 2021 ini diikuti oleh berbagai madrasah di seluruh Jawa Timur, tak terkecuali MATSASURBA. Dalam ajang yang diselenggarakan secara berkala selama kurang lebih dua bulan ini, MATSASURBA mengirimkan delegasinya untuk bersaing di cabang Catur, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Pencak Silat, Madrasah Singer, Pidato Bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab, Kaligrafi, dan Tahfizul Quran. Dari sepuluh cabang tersebut, kontingen MATSASURBA berhasil memborong sepuluh piala tingkat kota. Siswa-siswa yang menyumbangkan piala tersebut adalah

  1. Aqila Najia Puterykitta (Juara 2 Tenis Meja Putri)
  2. Aisha Aristapandya, Jihan Syarach Aziz, Talitha Rachel Davina (Juara 3 Pencak Silat Beregu Putri)
  3. Haqqul Iman Nafi’, Satria Aji Pangestu, Khairan Asyam Albiyansyah (Juara 2 Pencak Silat Beregu Putra)
  4. Salsa Toyyiba (Harapan 3 Pidato Bahasa Indonesia Putri)
  5. Naufal Falih Risqi Romadlon (Harapan 3 Pidato Bahasa Indonesia Putra)
  6. Callysta Az Zahra Wahyudi (Juara 2 Pidato Bahasa Inggris Putri)
  7. Zabdi Ramadhan (Juara 2 Pidato Bahasa Inggris Putra)
  8. Ahmad Harun Haqqi (Juara 3 Pidato Bahasa Arab Putra)
  9. Muhammad Yusuf Farhan (Juara 2 Kaligrafi Putra)
  10. Hasna Camelia Putri Siwi (Juara 3 Tahfizul Quran Putri)

Selain itu, Callysta Az Zahra Wahyudi juga berhasil lolos menjadi sepuluh besar finalis provinsi dan menyabet penghargaan tingkat provinsi, yakni Juara 1 Favorit Pidato Bahasa Inggris Jawa Timur. Hal ini merupakan awal yang baik bagi siswa MATSASURBA yang selama dua tahun terakhir memiliki kesempatan terbatas mengikuti kompetisi akibat pandemi. (Ruz)