Malang Kota -19 November 2016 pukul 14.15,  apel untuk Pelantikan Pengurus OSIS, Pramuka, PMR MTs Surya Buana Masa Bhakti 2016/2017 dimulai.  Apel diikuti oleh siswa/siswi Kelas 7 dan 8 beserta anggota OSIS, Pramuka, PMR Masa Bhakti 2015/2016 . Apel dimulai dengan sangat tertib. Apel dimulai dengan masuknya pemimpin ke tempat apel. Setelah seluruh peserta apel siap,pelantikan pun dimulai. 

Pelantikan Pengurus OSIS, Pramuka, PMR Masa Bhakti 2016/2017 dimulai dengan penyerahan bendera dari ketua masing masing organisasi Masa Bhakti 2015/2016 kepada ketua masing masing organisasi Masa Bhakti 2016/2017. Dalam artian Ketua OSIS Masa Bhakti 2015/2016, Moh Farid Atstsaqif menyerahkan bendera OSIS kepada Ketua OSIS Masa Bhakti 2016/2017, Tahliya Ilma Adiba. Ketua PMR Masa Bhakti 2015/2016, Rifdah Nurrahmadiyah menyerahkan bendera PMR kepada Ketua PMR Masa Bhakti 2016/2017, Faidhul Mahdhi Ala’ Ulloh. Ketua Pramuka Masa Bhakti 2015/2016, Hasmo Arrizal Rafiif Akmal menyerahkan bendera Pramuka kepada Ketua Pramuka Masa Bhakti 2016/2017, Najwa Nabila Bilqis.

Setelah penyerahan bendera, acara dilanjutkan dengan pembacaan janji 3 organisasi. Pembacaan janji ini dibacakan oleh Kepala Madrasah,Akhmad Riyadi,S.Si,S.Pd,M.Pd dan diikuti oleh Pengurus OSIS, Pramuka, dan PMR. Pengurus OSIS, Pramuka, PMR mengikuti Bapak Akhmad Riyadi dengan sangat lantang. Dengan sangat  antusias mereka menirukan kata kata yang dibacakan Bapak Akhmad Riyadi. Dengan penghayatan yang tinggi, janji para pengurus OSIS, Pramuka, PMR telah selesai dibacakan.

Setelah janji selesai diucapkan, acara dilanjutkan dengan amanat dari Pembina Apel,yaitu Bapak Akhmad Riyadi,S.Si,S.Pd,M.Pd. Bapak Akhmad Riyadi yang juga sebagai Guru Matematika di MTs Surya Buana itu mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh pengurus OSIS, Pramuka, PMR Masa Bhakti 2015/2016 yang sudah mengabdi selama 1 tahun. “Terimakasih, kepada kakak kakak OSIS, Pramuka, dan PMR yang sudah mengabdi selama 1 tahun. Dan terimakasih juga karena kalian sudah bisa  membimbing adik-adik kelas nya dalam berorganisasi”, ucapnya. “Kalian dikatakan berhasil, adalah jika kalian berhasil membimbing adik-adik kelas kalian dan bisa membuat organisasi kalian semakin berkembang, barulah kalian bisa dikatakan berhasil”, lanjutnya. Tak lupa, Bapak Akhmad Riyadi juga berpesan kepada Pengurus OSIS, Pramuka, dan PMR Masa Bhakti 2015/2016 agar selalu membimbing adik-adiknya yang baru saja dilantik itu. “Jangan lupa, untuk kakak-kakak kelas 9,kalian tetap harus membimbing adik kelas kalian yang baru dilantik ini.” kata Bapak Akhmad Riyadi mengingatkan.

Setelah Bapak Akhmad Riyadi selesai menyampaikan pesan dan kesannya, acara dilanjutkan dengan pembacaan do’a. Setelah itu barulah Apel ditutup. Dan Apel Pelantikan Pengurus OSIS, Pramuka, PMR Masa Bhakti 2016/2017 telah selesai dilaksanakan.

Tak lupa setelah apel selesai dilaksanakan, tidak lupa, pengurus OSIS, Pramuka, PMR berfoto bersama Bapak Akhmad Riyadi selaku Kepala Madrasah. Dan foto terebut dipublikasikan di Facebook MTs Surya Buana Kota Malang.

“Semoga dengan dilantiknya kalian, kalian bisa memegang tanggung jawab kalian, dan kalian bisa membuat organisasi di MTs Surya Buana ini bisa lebih maju dan lebih berkembang.” (Namira Romadhona Fatih Purnomo/8E)