MTs SURYA BUANA GELAR PEMILIHAN KETUA OSIS PMR DAN PRAMUKAKota Malang – MTs Surya Buana (MTs SB) menggelar acara pemilihan ketua OSIS, Pramuka dan PMR (14/09/2013) periode 2013-2014. Kegiatan yang berlangsung hari sabtu tersebut terlihat meriah. Ada beberapa kriteria yang ditetapkan untuk maju menjadi seorang ketua OSIS, Pramuka maupun PMR.

Misalnya mempunyai kepribadian yang baik, pernah menjadi pengurus pada periode sebelumnya dll. Sedangkan yang maju dalam pemilihan ketua OSIS, Pramuka dan PMR pada saat itu masing-masing ada 6 kandidat. Terdiri dari kandidat ketua OSIS Alfina Nur Isrofi, M. Inamullah Tamami, Antariksa Izdihar Yafi’, Luqyana Hafidhah, Nadia Rieke Nur R, Aqwiyan Adam A. Kandidat ketua Pramuka adalah Ulun Nuha, Naila Rizky Rahmania, Iqbal Nabila Muhammad, Rikha Rahmawati, Danta Baruna, Fatimatuzzahroh Maftuch. Sedangkan kandidiat ketua PMR adalah Farah Tsabita Huda, Karina Choirunnisa, Muhammad Adam Baihaqi, Hamam Raharja, A. Nahda Laroiba, Muhammad Basurrah. Semua dari mereka kelas VIII.
Satu minggu sebelumnya sudah diadakan sosialisasi oleh panitia siapa saja yang akan maju pada pemilihan tersebut. Bahkan panitia menempel poster yang disertai photo para kandidat calon ketua. Panitia mengatakan bahwa hal ini dilakukan agar semua siswa bisa mengetahui sebelum mereka menentukan pilihan. “hal ini sudah kami persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, dan poster-poster para kandidat juga sudah kami tempel disekitar area sekolah” kata salah satu panitia.
Sebelum pemungutan suara dilakukan, masing-masing kandidat calon ketua OSIS, Pramuka dan PMR memaparkan visi dan misinya. Suasana semakin hidup saat dibuka sesi tanya jawab yang dipandu oleh waka kesiswaan. Pertanyaan dari salah satu siswa kelas VII misalnya yang menanyakan tentang apa yang akan dilakukan untuk memajukan MTs SB ketika terpilih menjadi ketua nanti. Satu persatu para kandidat pun menjawab sesuai dengan visi misinya. Jawaban mereka beragam, akan tetapi semua kandidat mempunyai komitmen yang sama untuk memajukan MTs SB.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pemungutan suara. Panitia sudah menyiapkan kotak suara per kelas. Pemungutan suara dilakukan di kelas masing-masing. Setiap kelas sudah ada panitia yang bertugas. Setelah semua siswa memilih, mereka langsung menuju mushalla untuk shalat dhuhur berjamaah. Penghitungan kotak suara pun dilakukan setelah shalat dhuhur. Didampingi oleh waka kesiswaan, panitia memulai mengadakan penghitungan dan rekap hasil pemungutan suara. Satu persatu panitia membacakan dan merekap di papan tulis. Dari hasil perhitungan suara, suara terbanyak pemilihan ketua OSIS diraih oleh Alfina Nur Isrofi, Pramuka diraih oleh Ulun Nuha, sedangkan PMR suara terbanyak diraih oleh Farah Tsabita. Sehingga mereka yang terpilih ditetapkan sebagai ketua di masing-masing organisasi, dan akan dilantik langsung minggu depan oleh Kepala Madrasah. (ar)