Kota Malang - Seluruh siswa MTs SB Sabtu, 27 Oktober 2012 berkumpul di mushalla. Dengan pakaian muslim serba putih, kehadiran seluruh siswa MTs SB bukan untuk mengikuti proses belajar mengajar seperti hari biasanya, akan tetapi seluruh siswa akan mengikuti kegiatan pelatihan manasik haji.

Kegiatan dimulai dengan shalat dhuha yang merupakan kegiatan rutin setiap hari. Sebelum pelatihan manasik haji dilaksanakan bapak Direktur Perguruan SB menyampaikan dalam sambutannya bahwa pelatihan manasik haji dilaksanakan dalam rangka pembelajaran dan menambah wawasan siswa khususnya tentang haji.
Dipimpin oleh Bapak Direktur, Kepala Madrasah dan guru seluruh siswa menuju kampus 2 untuk memulai pelatihan manasik haji. Semua guru terlibat dalam kegiatan ini. Untuk mempermudah proses pelaksanaannya, siswa dikelompokkan sesuai kelasnya masing-masing. Dengan dipandu oleh wali kelas masing-masing, anak-anak yang berpakaian ihram memulai manasik haji dari Miqot menuju Ka’bah (Start dimulai dari Hajar Aswad, sekaligus Thowaf 7 kali), kemudian dilanjutkan Sa’i yang dimulai dari Shofa menuju Marwa, dilanjutkan dengan Wuquf di Arofah pada tanggal 09 Dzulhijjah, setetalah itu menginap di Muzdalifah sambil mencari kerikil, kegiatan dilanjutkan dengan melempar Jumroh (Ula, Wustho, Aqobah), kegiatan diakhiri dengan menginap di Mina dan Tahallul. Dengan Tahallul berarti manasik haji sudah selesai.
“Kami sangat senang dengan kegiatan seperti ini, dan banyak hal yang kami dapatkan, kalau selama ini alur manasik haji hanya kami dapatkan secara teori di buku melalui kegiatan seperti ini kami dapat pengalaman langsung. Bagaimana Thowaf, melempar jumroh, dan yang lainnya. Pokoknya seneng banget.” Kata salah seorang siswa.
Setelah selesai kegiatan manasik haji seluruh siswa dan guru tidak langsung pulang, melainkan makan bersama. Suasana kebersamaan sangat terasa, dengan di dampingi wali kelas masing-masing seluruh siswa makan bersama. Rasa senang tampak di muka mereka. (ar)

?>