Sabtu, 8 Januari 2022 siswa kelas 9 MATSASURBA melaksanakan psikotes di sekolah. Bekerja sama dengan lembaga Pelita Wacana, psikotes ini dilaksanakan dengan durasi empat jam, dimulai pukul 08.00 ─ 11.00 WIB. Jenis tes yang diberikan kepada 136 siswa ini terdiri atas beberapa macam, yaitu tes kecerdasan, tes minat dan bakat, dan tes kepribadian. Dari ketiga jenis tes tersebut, hasil yang nantinya akan didapatkan ialah berupa skor IQ, analisis kepribadian, bakat yang disukai, minat pekerjaan yang cocok, dan saran jurusan di sekolah. Hasil tersebut akan dibagikan oleh Pelita Wacana kepada pihak sekolah dua minggu setelah pelaksanaan tes.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan memetakan peminatan studi lanjut. Karena pendaftaran sekolah tingkat akhir akan mulai dibuka pada bulan Februari, MATSASURBA mempersiapkan para siswa untuk mengikuti tes tersebut. Selain itu, di beberapa sekolah, salah satu persyaratan yang dibutuhkan adalah nilai psikotes.

Psikotes ini merupakan salah satu rangkaian dalam program S2L (Sukses Studi Lanjut). S2L adalah suatu program inovasi matsasurba untuk mempersiapkan siswa-siswanya agar suskes studi lanjut jenjang berikutnya. (Ruz)