Indonesia adalah negara yang kaya akan seni dan budaya. Hal tersebut merupakan suatu potensi yang seharusnya bisa dikembangkan sebagai media pengajaran dan dakwah. Di sisi lain, generasi muda merupakan tonggak masa depan negara ini. Sepatutnyalah berbangga dan dapat turut melestarikan seni dan budaya yang dimiliki. Melalui Festival Seni Islami (FISI) ini, kami harap dapat menumbuhkembangkan potensi dan bakat para peserta dibidang seni islami.

Festival Seni Islami (FISI) merupakan kegiatan annual yang rutin terselenggara pada tiap semester gasal. Tahun 2021 merupakan tahun ke IV dari ajang penyaluran bakat siswa di bidang islami ini. Minat dari para peserta dari tahun ke tahun terus meningkat. Dibuktikan dengan jumlah peserta tahun ini yang menembus angka 385 peserta.

Ada yang berbeda dari FISI tahun ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, FISI dibuat khusus tingkat Malang Raya. Namun kali ini, FISI dibuat lebih luas, yakni tingkat Jawa Timur. Hal ini dilaksanakan dengan harapan peserta yang berada di luar Malang dapat turut serta mengikuti kegiatan perlombaan ini.  Jenis lomba yang terselenggara yakni lomba tahfiz, kaligrafi, azan, baca puisi islami, dai, dan menyanyi lagu religi. Berdasarkan data pendaftar, jumlah peserta terbanyak berada pada lomba tahfiz.

Rangkaian kegiatan FISI dimulai dengan dibukanya pendaftaran pada tanggal 6 Oktober – 5 November 2021. Pendaftaran dilakukan secara daring dengan mengisi google form yang telah disediakan. Agenda selanjutnya yakni Technical Meeting yang diadakan pada tanggal 6 November 2021 secara virtual melalui zoom meeting. Technical Meeting ini diikuti oleh seluruh peserta yang didampingi oleh para orang tua atau pihak pendamping dari sekolah. Pengumpulan video lomba dilaksanakan pada tanggal 13 – 14 November 2021 secara daring pula melalui google form yang sudah disediakan oleh panitia. Pengumuman 10 finalis terbaik pada tiap cabang lomba diumumkan pada tanggal 19 November 2021.

Setelah terpilih 10 terbaik dari masing-masing lomba, panitia memberi kesempatan kepada para peserta untuk mempromosikan video lombanya masing-masing untuk mendapatkan like sebanyak-banyaknya. Video tersebut sudah diunggah oleh panitia sebelumnya pada kanal Youtube MTs Surya Buana Malang. Komposisi penilaian antara juri dan jumlah like adalah 80 : 20 sehingga penilaian dewan juri tetap mendominasi. Pengumuman juara FISI dari masing-masing cabang lomba diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting pada tanggal 1 Desember 2021.

Mimik ceria bercampur penasaran terpancar dari raut wajah lucu para peserta FISI. Satu persatu juara diumumkan pada tiap cabang lombanya. Asal kota pun beragam, mulai peserta dari Jember, Surabaya, Kota Malang, Kabupaten Malang hingga Madiun. Juara umum kali ini diraih oleh SD Alam Arrohmah Malang. Juara umum didapat berdasarkan peserta terbanyak yang masuk dalam jajaran juara pada masing-masing cabang lomba. Adapun trofi dan sertifikat juara diserahkan secara langsung kepada peserta dengan mendatangkan pemenang atau wali ke MTs Surya Buana Malang. Semoga dengan adanya kompetisi islami seperti ini menjadi penyemangat bagi semua peserta untuk terus mendalami kemampuan yang dimiliki. (Her)