Sebanyak 45 siswa kelas VIII MTs Surya Buana telah sukses mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada tanggal 4-5 Oktober 2021. ANBK merupakan evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Pada masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) seperti saat ini, diberlakukan dua opsi sistem dalam pelaksanaan ANBK. Dua opsi tersebut ialah sistem online dan semi online. Sistem online membutuhkan jaringan internet stabil yang terhubung ke komputer client atau komputer siswa. Selain itu, harus memiliki komputer proktor untuk membuka token ujian. Sementara itu, pada sistem semi online komputer client tidak terhubung secara langsung melainkan terhubung melalui komputer proktor yang memiliki akses internet.

Terdapat dua aspek yang diujikan pada ANBK, yakni literasi dan numerasi. Jenis soal yang dihadapi siswa pun beragam, mulai dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.  Bahkan demi kelancaran pelaksanaan ANBK, sebelum ujian kami menyelenggarakan gladi bersih ANBK yang sudah terjadwal, yakni pada tanggal 13 dan 14 September 2021 dengan sistem dua  sesi sehingga prokes pun masih tetap terjaga. Walaupun ada beberapa kendala teknis seperti siswa yang berhalangan hadir dikarenakan sakit, hal tersebut teratasi dengan adanya siswa cadangan yang sudah panitia siapkan.

ANBK merupakan hal baru bagi siswa terkhusus pada jenis soal yang dihadapi. Pembelajaran kontekstual yang mengajarkan siswa untuk menerapkan dan menghubungkan konsep pelajaran ke kehidupan nyata tertuang pada ANBK, yakni dengan literasi dan numerasinya. Terobosan baru pada pendidikan Indonesia ini diharapkan mampu meratakan pendidikan hingga pelosok negeri. (her)