Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah karena pada bulan Ramadan terdapat satu malam luar biasa, yakni malam lailatul qodar. Pada bulan ini umat muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas ibadah. Ibadah puasa selama satu bulan penuh, salat tarawih, dan iktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan menjadikan bulan ini sebagai bulan yang luar biasa dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Pada bulan Ramadan ada beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh MTs Surya Buana, yakni kegiatan PERAK (Pekan Ramadan Kreatif) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah para siswa. Kegiatan PERAK yang dilaksanakan mulai tanggal 26-30 April 2021 ini dilaksanakan secara luring dan daring. Dalam proses pelaksanaan kegiatan secara luring tetap mematuhi protokol kesehatan dengan dilakukan pengecekan suhu badan sebelum masuk gerbang, menggunakan handsanitizer, dan menjaga jarak antarsiswa.

Siswa yang memperoleh jadwal luring hadir ke sekolah dan mengikuti serangkaian kegiatan, yakni mengaji dan salat duha, mendengarkan cerita Skuy (Ceramah Ramadan Islami) yang disampaikan oleh bapak ibu guru, kemudian dilanjutkan dengan tadarus Al-Quran satu juz setiap kelas bersama dengan wali kelas. Setelah itu anak-anak mengaji dan salat duhur di musala kemudian pulang.

Untuk siswa yang memperoleh jadwal daring terdapat serangkaian kegiatan yang tentunya tidak kalah menarik. Siswa mengikuti berbagai lomba yang diunggah di akun media sosial instagram dan menggunakan beberapa tagar dan menandai akun instagramsekolah serta wali kelas supaya dapat dicek siapa saja siswa yang telah mengumpulkan video lomba. Kemudian dipilih perwakilan satu anak per kelas tiap lomba. Hari pertama siswa mengikuti lomba azan bagi siswa dan lomba tartil Al-Quran surat al-Baqarah ayat 183-185 bagi siswi dengan memperhatikan makharijul huruf, tajwid, pelafalan, serta beberapa kriteria lainnya. Hari kedua dilaksanakan lomba syiar digital yang mengangkat topik istikamah meraih berkah Ramadan di tengah pandemi covid-19 dengan durasi sekitar 5-7 menit. Pada hari ketiga siswa mengikuti lomba hafalan ayat Al-Quran dan hadis pilihan, kemudian pada hari keempat dilaksanakan lomba kreasi takjil minuman dengan menyajikan cuplikan video atau foto-foto proses pembuatan takjil.

Setelah mengikuti kegiatan PERAK selama sepekan, siswa juga diimbau untuk membuat vlog kegiatan selama bulan Ramadan dalam bentuk video pendek yang juga diunggah di akun instagram. Sebenarnya seluruh siswa baik luring maupun daring sama-sama mengikuti lomba-lomba PERAK. Akan tetapi, perbedaannya untuk siswa yang daring batas mengunggah video lomba pukul 16.00, sedangkan untuk siswa daring pukul 20.00 WIB. (Fika)