Pandemi covid -19 tidak menghalangi para peserta untuk menghasilkan karya inovatif dan kreatif. Surya Buana International Network Association Invention Day merupakan wadah bagi para siswa tingkat SD/MI sederajat maupun SMP/ MTs sederajat untuk berkompetisi menghasilkan karya hebat di bidang sains, sosial, teknologi, dan lingkungan. SB INA Invention Day ini terselenggara dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon yang jatuh pada tanggal 15 Januari 2021.

Ajang tahunan yang baru terselenggara pertama kali ini cukup menarik perhatian. Banyak siswa yang turut serta meramaikan kompetisi yang terselenggara secara online ini. Para peserta berasal dari lingkup Malang Raya bahkan luar kota. Karya yang dihasilkan juga sangat kaya. Salah satunya yakni Smart Mini Green House. Karya ini dilatarbelakangi oleh permasalahan para petani di wilayah tertentu yang tidak mendapat cahaya matahari dengan maksimal. Dengan adanya karya inovasi ini diharapkan petani dapat tetap menumbuhkan tanaman tanpa bantuan cahaya matahari.

Karya inovasi lainnya yaitu Peran Program Kampung Iklim terhadap Ketahanan Masyarakat di Kampung Karamba dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Karya inovasi dari siswi MTsN 1 Lumajang ini berhasil menyabet juara 1 di bidang IPS (sosial). Adapun manfaat karya inovasi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan efektifitas masyarakat pada pola penataan lingkungan, pola kehidupan sosial masyarakat, pola pendapatan dan ketahanan ekonomi, serta pola perilaku hidup sehat di Kampung Karamba. 

Kompetisi ini terselenggara secara virtual dengan sistem 2 babak, yaitu penyisihan dan final. Pada babak penyisihan, siswa diminta mengirimkan produk lomba berupa karya tulis inovasinya, gambar poster yang menunjukkan ringkasan karya inovasi, dan video pemaparannya. Dari ketiga produk lomba tersebut, para juri memilih lima peserta terbaik yang kemudian akan berkompetisi di babak final secara virtual.

Babak final diselenggarakan pada tanggal 20 Februari 2021 secara virtual menggunakan zoom meeting. Para juri berkumpul di satu lokasi, yakni SDI Surya Buana untuk memudahkan berkoordinasi. Para peserta final stand by di balik kemera dan laptop di rumah masing-masing untuk bergiliran mempresentasikan karyanya. Mereka pun dengan percaya diri menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh tim juri. Setelahnya, tim juri berkoordinasi untuk menentukan pemenang dan pemenang diumumkan secara virtual melalui zoom meeting di tanggal 26 Februari 2021.

Penyerahan piagam penghargaan dan medali dilaksanakan pada tanggal 1 April 2021 di MTs Surya Buana. Para pemenang dari masing-masing bidang hadir didampingi oleh orang tua atau guru pendamping. Sementara itu, pemenang dari luar Kota Malang, piagam dan medali dikirimkan secara khusus kealamat rumah pemenang. Pengambilan piagam dan medali berlangsung lancar dan terlihat raut bahagia dari peserta ketika momen foto bersama.

Di era digital seperti sekarang, generasi penerus dituntut untuk terus berkembang mengikuti zaman. Memiliki cara pandang kritis, inovatif, dan dinamis seolah menjadi keharusan. Ajang kompetisi seperti SB INA  Invention Day diharapkan dapat melahirkan inventor inventor muda yang pastinya bisa berguna bagi kehidupan sekarang maupun kehidupan global nantinya. (Her)