Pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 tidak menjadi alas an bagi Matsasurba untuk tetap konsisten dalam melaksanakan rutinitas program sekolah, salah satunya yakni Cerita Inspirasi Pagi. Cerita Inspirasi atau CIP merupakan kegiatan yang dilakukan setiap pagi sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan ini, siswa menyimak sebuah kisah inspiratif yang disampaikan oleh Bapak/Ibu Guru. CIP ditayangkan setiap pagi pukul 07.30 WIB di kanal YouTube MTs Surya Buana Malang

Namun, yang berbeda dari kegiatan CIP saat bulan Ramadan ini ialah pembicaranya. Kalau biasanya Bapak/Ibu Guru yang menyampaikan kisah inpirasi, kali ini para siswa kelas sembilanlah yang menginspirasi teman, guru, sekaligus penonton setia kanal YouTube MTs Surya Buana Malang. Kegiatan ini dicetuskan oleh Bapak/Ibu Guru guna melatih kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum. Selain itu, hal ini juga bisa membangkitkan semangat siswa untuk meningkatkan kemampuan wicara publiknya yang tentu akan berguna pada masa mendatang.

Kesempatan bagus ini telah dimanfaatkan oleh para siswa kelas sembilan dengan baik. Berbekal dari bacaan atau tayangan inspiratif yang pernah mereka temui, mereka menceritakannya kembali dengan bahasa dan interpretasi masing-masing. Tidak hanya kontennya yang diperhatikan, tetapi gestur, mimik, intonasi, serta artikulasi juga diatur sedemikian apik. Bahkan beberapa siswa juga mendesain videonya dengan berbagai efek dan animasi yang ciamik.

Sayangnya, tidak semua video siswa bisa ditayangkan di kanal YouTube sekolah karena keterbatasan waktu. Akhirnya, hanya beberapa siswa yang dipilih videonya untuk menghiasi kanal YouTube sekolah. Siswa-siswa tersebut yakni Septian Raif, Nasywa Kamila Fabialine, Muhammad Wildan, Tsabita, Nasyifa Nashwa Hammada, Muhammad Firdaus Haykal, dan Nadhia Aliefia.

Dengan adanya inovasi baru ini, Bapak/Ibu Guru mengharapkan seluruh siswa Matsasurba dapat menggali potensi yang ada pada dirinya, salah satunya di bidang wicara publik. Karena kemampuan tersebut tidak akan berkembang apabila tidak diasah setiap waktu, maka kegiatan CIP oleh siswa ini diharapkan menjadi pemantik semangat siswa untuk selalu belajar dan belajar dalam meningkatkan berbagai kemampuan yang ada pada diri masing-masing. Selain itu, lewat CIP pulalah kami berharap dapat berbagi inspirasi dan motivasi kepada sesama agar bisa melakukan refleksi serta pembenahan diri bersama-sama demi menjadi sosok yang lebih baik dari diri kita yang kemarin. (Rin)