Dalam kegiatan sekolah, seorang siswa tidak hanya diharapkan cerdas dalam bidang akademik saja, melainkan cerdas dalam aspek non-akademik pula. Kecerdasan dalam bidang non-akademik ini meliputi banyak hal, antara lain cerdas dalam emosi dan cerdas dalam bersosialisasi. Kecerdasan ini sama halnya dengan kecerdasan akademik yang dapat diasah sejak dini. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam sebuah lembaga pendidikan dibentuk pula organisasi-organisasi siswa. Organisasi-organisasi tersebut dijadikan wadah bagi para siswa yang ingin mengasah jiwa kepemimpinan serta kerja samanya antarsesama.

Di Matsasurba, organisasi siswa terdiri atas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Palang Merah Remaja (PMR), dan Praja Muda Karana (Pramuka). Setelah satu tahun lebih sekolah dilaksanakan secara daring akibat belum usainya covid-19, Matsasurb tetap mengadakan pergantian pengurus organisasi siswa tersebut. Pemilihan kandidat sudah dilaksanakan sejak November 2020. Sementara itu, pemungutan suara dilaksanakan pada Desember 2020.

Pemungutan suara ini terpaksa dilaksanakan secara daring melalui platform Google Form. Meski begitu, pemungutan suara terlaksana tanpa hambatan yang fatal. Sebelumnya, para kandidat telah mempersiapkan sebuah video orasi yang diunggah ke Instagram Matsasurba. Kandidat OSIS dan PMR terdiri atas 6 siswa, sedangkan kandidat Pramuka terdiri atas 7 siswa.

Setelah mendapatkan hasil pemungutan suara, dilaksanakan pelantikan pengurus baru. Upacara pelantikan ini dilaksanakan di aula Matsasurba dan dihadiri oleh para pengurus baru dan lama. Sebuah pemandangan yang tidak biasa. Pasalnya, upacara pelantikan biasanya disaksikan oleh seluruh warga madrasah, tetapi pelantikan kali ini hanya dihadiri oleh pengurus lama, pengurus baru, dan Bapak/Ibu Guru Matsasurba.

Upacara pelantikan dan serah terima jabatan tersebut dipimpin oleh Afta Wildana, siswa kelas 9A selaku salah satu pengurus lama Pramuka. Bapak Akhmad Riyadi, selaku kepala madrasah dan Pembina upacara juga memberikan banyak pesan kepada para pengurus organisasi, baik yang baru maupun yang lama. Beliau berpesan agar para pengurus lama tidak irit nasihat kepada para penerusnya dan selalu membimbing mereka dalam menjalankan estafet jabatan pengurus tersebut. Sementara itu, kepada pengurus baru beliau berpesan agar bisa memaksimalkan kinerja dan andil mereka dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh madrasah. Tidak lupa beliau juga berbagi sedikit pengalaman selama berorganisasi yang tentunya akan selalu berguna dalam jenjang sekolah-sekolah berikutnya maupun di masyarakat.

Susunan kepengurusan OSIS Matsasurba periode 2020-2021 yang dilantik langsung oleh Bapak Akhmad Riyadi terdiri atas Erico Naufal Zidan (ketua), Dzunnurain Rafiendra (wakil ketua), Nabila Syahfitri dan Amir Aziz Zuhdi (sekretaris), serta Thalita Rachel Davinda dan Talitha Qurrotul Uyun (bendahara). Susunan kepengurusan PMR periode 2020-2021 yakni Arsya Argananta (ketua), Naufal Falih Riski (wakil ketua), Amanda Tri dan Nabeel Haqqi Elraf (sekretaris), serta Rachmadia Shafa dan Royyan Ali (bendahara). Sementara itu, kepengurusan Pramuka digawangi oleh Ratitya Defels (ketua umum), Muhammad Nur Hariyadi (pinru putra), Allyani Syafitri (pinru putri), Ghinadae Alya Mukhbita dan Althaaf Ellardian Syahputra (sekretaris), serta Intan Ifda El Rabbani dan Muhammad Nabil Rizqifullah (bendahara). Kesembilan belas siswa tersebut membawa amanah dari seluruh warga Matsasurba untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi sekolah. (Rin)