Bekerjasama dengan Ummi Foundation, MTs Surya Buana mengadakan kegiatan munaqosyah pembelajaran Al-Quran pada Kamis, 8 April 2021. Kegiatan ini menggunakan ruang-ruang kelas di sekolah di mana semua peserta sudah terbagi kedalam kelompok-kelompok kecil dan terbagi pula ke dalam empat sesi. Kegiatan ini pun berlangsung mulai pukul 07.15 – 11.45, diikuti oleh 140 peserta yang terdiri atas 95 siswa kelas 9 dan 45 siswa kelas 7 dan 8.

Munaqosyah merupakan penilaian kemampuan siswa pada akhir pembelajaran Al-Quran untuk menentukan kelulusan. Hal ini merupakan standar dari Ummi Foundation di mana ketika siswa sudah berhasil menyelesaikan dan menguasai materi dengan baik, maka dia berhak mengikuti munaqosyah dan mendapatkan sertifikat yang diakui secara nasional. Hal ini juga dilakukan guna mengetahui dan memetakan tingkat penguasaan siswa dalam pembelajaran Al-Quran metode Ummi.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, siswa diwajibkan mengunakan masker dan faceshield ketika di luar maupun di dalam ruangan ketika diuji. Untuk mobilitas, siswa juga sudah diatur oleh panitia sehingga tidak sampai terjadi kerumunan. Pembagian sesi ini pun sangat penting dan efisien untuk mengurangi tingkat berkerumun. Mengingat durasi tes hanya sebentar, maka siswa wajib ditunggu oleh orang tua. Sekolah pun sudah menyiapkan ruang terbuka luas untuk orang tua menunggu putra putrinya. Acara pun berakhir lancar dan sukses.

Sama seperti Ujian Nasional, Munaqosyah adalah tolak ukur keberhasilan siswa dan lembaga dalam pembelajaran Al-Quran metode Ummi. Tentu bagi kita sebagai muslim yang mempunyai pandangan Al-Quran sebagai petunjuk hidupnya dan menjadikan keberhasilan pembelajaran Al-Quran sebagai salah satu parameter keberhasilan mendidik anak, maka munaqosyah akan menjadi suatu tahapan pembelajaran yang sangat dinantikan, bukan hanya penting tapi sangatlah penting. (Her)