Pada era 4.0 ini, kita tidak hanya membutuhkan generasi yang berprestasi, tetapi juga generasi yang berkarakter. Generasi berkarakter yang diharapkan oleh MATSASURBA ialah generasi yang berpegang teguh pada Al-Quran. Harapan MATSASURBA tersebut terejawantahkan dalam kegiatan Festival Seni Islami (FISI). Festival tersebut digelar sebagai wadah bakat dan minat siswa SD/MI/TPQ dalam bidang kreativitas dan seni islami.

FISI III yang dilaksanakan tahun ini tentu saja berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Masih akibat pandemi, lagi-lagi kita harus berpuas hati menyelenggarakan sebuah kegiatan insidental dengan tatap maya. Meskipun demikian, tidak menyurutkan antusias siswa SD/MI/TPQ untuk tetap berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dalam FISI tersebut, MATSASURBA menggelar perlombaan dalam enam bidang, yakni azan, dai, membaca puisi islami, menyanyi lagu religi, kaligrafi, dan tahfiz juz 30.

Kegiatan FISI tersebut digelar secara daring, dengan periode pendaftaran mulai dari 25 September – 2 November 2020. Pendaftaran dilaksanakan secara daring pula melalui platform Google Form tanpa dipungut biaya apapun. Dalam FISI III ini, terhitung 122 peserta berpartisipasi untuk memperebutkan juara dalam berbagai bidang perlombaan. Pada tanggal 2 November 2020, digelar technical meeting daring bersama para pendamping dan peserta FISI guna menjelaskan mengenai petunjuk teknis FISI. Technical meeting tersebut dilaksanakan lewat platform zoom. Kemudian, pada tanggal 4-5 November, setiap peserta wajib mengirimkan video karyanya kepada panitia untuk selanjutnya dinilai oleh dewan juri pada tanggal 6 November. Khusus untuk peserta tahfiz, pengumpulan video dilaksanakan pada tanggal 3-4 November karena akan dipilih sepuluh finalis yang akan diuji secara langsung oleh dewan juri melalui zoom dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube MATSASURBA, yakni MTs Surya Buana Malang. Usai penjurian pada tanggal 6 November 2020, pengumuman juara serta penutupan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2020. Pengumuman juara dan penutupan tersebut dilaksanakan lewat zoom pula. Selain itu, video karya para pemenang diunggah di kanal YouTube MATSASURBA.

Dalam FISI ini, peserta tidak hanya memperebutkan posisi 10 besar, juara 1, 2, dan 3, tetapi juga memperebutkan tropi bergilir untuk dipersembahkan pada lembaga yang menanunginya. Dalam bidang azan, juara 1 diperoleh ananda Daffa Abhyasa Aryasaputra (SD Muhammadiyah 04), juara 2 diperoleh ananda Ahmad Hafidh Arrifqi (SDI Mohammad Hatta), dan juara 3 diperoleh ananda Muhammad El Rif’at Ar Riyasyah (TPQ Nurul Huda). Pemenang dalam lomba dai yakni Nabihatus Syarifah (TPQ Al-Khoiriyah), Fitriana Nada Makaila (SDI Mohammad Hatta), dan Fanni Anggraini (TPQ Al-Khoiriyah). Juara 1, 2, dan 3 dalam bidang membaca puisi islami yakni ananda Khairunnisa Nahwa Jinaani (SD Muhammadiyah 04), Maheera Raisya (SDI Surya Buana), dan Maria Ulfa Cahyaning ‘Alam (TPQ Soeryo ‘Alam). Pemenang dalam bidang menyanyi lagu religi yakni Bagas Dwi Bhaskara (MI Miftahul Huda), Muhammad Fikri Maulana (TPQ Nurul Huda), dan Rafifah Aisha Mahirah (SDI Mohammad Hatta). Dalam bidang kaligrafi, jawaranya ialah Syailendra Safira Alfara Putri (TPQ Al-Khoiriyah), Sunan Faletehan (SD Muhammadiyah 3 Assalam), dan Fielleneva Abigael Zevanaya Putri (SDN Model Malang). sementara itu, jawara dalam bidang tahfiz juz 30 ialah Aisyah Azzahrah (SD Alam Arrohmah), Nadia Zahra Salasabila Putri Felisa (SD Alam Arrohmah), dan Nadya Ilmira Syauqiyah (MIN 2 Kota Malang). Tahun ini, tropi bergilir FISI berhasil diboyong oleh SD Muhammadiyah 04 Kota Malang. Penyerahan sertifikat, uang pembinaan, dan piala digelar pada tanggal 12 November 2020 dengan mematuhi protokol kesehatan. (RIN)