Study Empiris merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan anak-anak menyebutnya dengan nama SE. Untuk kegiatan SE tahun ini kita memilih tempat ke peternakan tawon tepatnya di rimba tawon lawang.
Kegiatan SE ini diikuti oleh seluruh siswa MTs Surya Buana mulai dari kelas 7 sampai dengan kelas 9, begitupun seluruh guru dan karyawan ikut mendampingi anak-anak.

Pilihan Rimba tawon dan Taman Safari bukan tidak beralasan, kedua tempat tersebut bernuansa edukatif rekreatif.
Tepatnya tanggal 01 Pebruari 2012 Pukul 07.30 seluruh siswa dan guru/karyawan MTs Surya Buana berangkat dari Jl. Ijen Malang menuju Rimba Tawon Lawang dan Taman Safari Indonesia II.
Rombongan MTs Surya Buana sebanyak 4 Bus sampai di Rimba Tawon Pukul 08.00. Sambutan langsung diberikan oleh pihak pengelola Rimba Tawon, Rombongan MTs SB dipersilahkan menuju aula terbuka. Penjelasan diawali dari sejarah berdirinya rimba tawon, kemudian dilanjutkan pada cara mengembangbiakkan tawon, cara memanen madunya, jenis tawon yang dikembangbiakkan, pemasarannya, khasiat/manfaat madu, juga dijelaskan cara mendeteksi madu asli dan madu palsu.
Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan tersebut. Siswa bisa melihat secara langsung bagaimana tawon/lebah itu memproduksi madu. Kalau selama ini pembelajaran di kelas hanya bersifat teoritis melalui kegiatan ini siswa bisa observasi langsung hal-hal yang berkaitan dengan tawon/lebah dan madu. Melalui kegiatan seperti ini diharapkan ada tindak lanjut berupa research tentang lebah dan madu untuk kemudian dikembangkan menjadi Penelitian Ilmiah.
Tempat selanjutnya yang dikunjungi adalah Taman Safari Indonesia II. Disini siswa bisa melihat secara langsung habitat hewan sesuai dengan benua masing-masing. Ada hewan kawasan Asia, Kawasan Amerika, Eropa dan sebagainya. Siswa observasi langsung terkait dengan jenis-jenis hewan yang ada. Selain itu disuguhkan juga pertunjukan tentang bahaya global warming. Sehingga siswa mempunyai pemahaman yang kuat bahwa sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaga bumi, tidak melakukan penebangan secara liar, sehingga bumi kita terselamatkan dari bahaya global warming.
Setelah SE selesai siswa diminta untuk membuat laporan secara tertulis dalam bentuk karya tulis ilmiah berkaitan dengan pengalaman dan observasi yang sudah dilakukan di kedua tempat tersebut.(ar)