Pada tahun 2020 ini, peringatan tahun baru Hijriyah jatuh pada bulan Agustus, berdekatan dengan Hari Ulang Tahun Indonesia, yakni pada tanggal 20 Agustus. Tahun baru Hijiriyah yang diperingati oleh umat muslim setiap tanggal 1 Muharam tersebut biasanya penuh dengan serba-serbi kegiatan. Ditambah dengan HUT RI yang identik dengan beragam lomba. Seharusnya, peringatan dua hari besar tersebut berlangsung semarak dan meriah jika saja tidak terkendala situasi pandemi ini.

Namun, hal tersebut rupanya tidak menyurutkan semangat MATSASURBA untuk berpartisipasi dalam penyambutan dua hari penting bagi orang Indonesia muslim. Momen ini dijadikan MATSASURBA sebagai motivasi sekaligus menularkan motivasi tersebut kepada publik, khususnya kepada siswa MATSASURBA. Rangkaian kegiatan pada hari-hari penting tersebut terdiri atas Tahsin Al-Quran yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan Siri 2 SMA (Atas) Sultan Zainal Abidin Trenggan Malaysia, tausiah dari Ustaz Zainal Arifin, lomba video Cerita Inspirasi Pagi (CIP). Tidak hanya itu, para warga MATSASURBA juga beramai-ramai mengunggah foto diri yang telah diedit dengan twibbon yang telah didesain pihak sekolah. Sementara itu, pada tanggal 17 Agustus 2020, seluruh warga MATSASURBA serentak mengikuti upacara di kediaman masing-masing. Agar lebih semarak, foto upacara di kediaman masing-masing tersebut diunggah ke media sosial pula.

Kegiatan Tahsin Al-Quran dan tausiah ditayangkan secara langsung lewat kanal YouTube MATSASURBA. Dengan demikian, tidak hanya warga MATSASURBA saja yang dapat menyimak serta belajar, tetapi juga khalayak umum. Sementara itu, lomba CIP yang diikuti oleh semua siswa diunggah di akun YouTube mereka masing-masing. Mengusung tema Momentum Hijrah menjadi Generasi Qurani untuk Indonesia Maju, MATSASURBA berharap agar kita semua bisa mengambil momen penting ini sebagai muhasabah diri dan perbaikan untuk hari ke depan. Selain itu, kita juga bisa memerdekakan diri kita dari berbagai sifat dan sikap buruk yang menindas diri kita. (RIN)