Ada yang tak biasa di MTs Surya Buana Malang pada tanggal 12 September 2018 lalu. Suasana madrasah di Jalan Gajayana IV/631 ini tampak riuh oleh tepuk tangan dan gelak tawa. Rupanya hari itu, para siswa sedang memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1440 H.

Pagi itu, acara diawali dengan kegiatan rutin, yaitu salat duha dan mengaji. Selanjutnya, panitia pelaksana peringatan tahun baru hijriyah, yaitu OSIS, membuka acara dengan sambutan oleh kepala madrasah, Bapak Akhmad Riyadi, S.Si., S.Pd., M.Pd. Setelah itu, acara berlanjut dengan refleksi tahun baru hijriyah oleh ustad Mabrur, S.Ag. dan pembacaan doa oleh ustad Fath Ihsani, S.S.

Usai acara pembukaan inti, tibalah acara yang dinanti para siswa, yaitu perlombaan. Setiap kelas diharuskan mengirim delegasinya untuk unjuk kemampuan dalam berbagai lomba yang telah dipersiapkan panitia. Lomba yang dimaksud yaitu lomba ajang kreasi siswa, lomba dai, lomba cerdas cermat, dan lomba kaligrafi.

Lomba yang diadakan pertama yaitu lomba kreasi siswa. Dalam lomba tersebut, seluruh dewan guru berperan sebagai juri. Beragam aksi yang ditampilkan siswa, diantaranya menari, musikalisasi puisi, menyanyi, hingga teatrikal. Tak ayal berbagai penampilan tersebut menuai decak kagum hingga  gelak tawa penonton karena isinya yang edukatif dan menghibur.

Sementara itu, lomba dai, cerdas cermat, dan kaligrafi diadakan ba'da salat duhur. Ketiganya dilaksanakan pada tiga tempat berbeda. Kendatipun tidak terpadu pada satu tempat seperti lomba kreasi siswa, ketiga lomba tersebut tetap seru dan ramai peminat. Siswa-siswi MTs Surya Buana Malang bersemangat mendukung jagoan kelasnya masing-masing.

Acara pada hari itu pun ditutup dengan kegiatan sore, yaitu mengaji dan salat ashar. Semoga acara peringatan tahun baru hijriyah yang bertema "Tahun baru_Revolusi Baru" ini membawa dampak positif bagi seluruh siswa dan segenap guru/karyawan Matsasurba, ya! Resolusi baru berkaitan dengan tekat untuk mencapai cita-cita baik yang diinginkan. Jadi, harapannya, di tahun yang baru ini, ada pencapaian baik yang bisa diperoleh. Semangat beresolusi baru, Matsasurba! (FR)