Matsama merupakan kepanjangan dari Masa Taaruf Madrasah. Dalam kegiatan Matsama, siswa diperkenalkan situasi dan kondisi madrasah yang berkaitan dengan aturan agama islam. Matsama di MTs Surya Buana berlangsung pada tanggal 16—20 Juli 2018.

Tujuan utama kegiatan Matsama adalah agar siswa mampu meningkatkan keimanan terhadap Allah SWT dan mengenal keadaan MTs Surya Buana Malang. Dengan adanya kedua hal pokok tersebut, siswa baru diharapkan dapat memiliki pengenalan pemahaman awal lingkungan madrasah, memiliki sikap disiplin, menciptakan mental kuat dan mandiri, serta mengenal dan mematuhi tata tertib yang berlaku di MTs Surya Buana Malang.

Pada hari pertama, agenda Matsama adalah penyambutan siswa baru, pembagian kelas, dan taaruf  bersama wali kelas serta sosialisasi tata tertib siswa.

Memasuki hari kedua, agenda Matsama yaitu pengenalan  madrasah, baik struktur karyawan, fasilitas, metode pembelajaran, sejarah surya buana, dan hal lain yang menjadi kelebihan madrasah dalam pengembangan peserta didik. Kemudian, hari ketiga, agenda Matsama yaitu permainan yang digunakan untuk mempererat ikatan antarsiswa. Hari keempat, Matsama diisi dengan pembinaan dan pemberian materi oleh wakakurikulum, Ibu Novi Ayu, M.Pd., mengenai pengenalan orientasi sekolah dan demo bakat minat. Pada hari terakhir, hari kelima, kegiatan Matsama dilanjutkan dengan pengenalan Perguruan Surya Buana Malang, baik TK, SDI, MTs, dan SMA. Kegiatan Matsama ditutup dengan pembagian hadiah bagi para siswa yang memenangkan serangkaian lomba dalam kegiatan Matsama tersebut.

Kegiatan matsama yang dikelolah oleh OSIS ini dikemas menarik bagi para peserta didik baru. Tak ayal, hal ini memberikan dampak positif tak hanya bagi siswa, namun juga bagi walimurid. Para wali murik mengaku terkesan dan salut terhadap kegiatan Matsama ini. Hal ini disampaikan dalam grup paguyuban kelas VII yang disediakan sebagai wadah komunikasi antara guru dan Wali murid. Bagi para wali murid, saat ini  kegiatan pengenalan lingkungan madrasah tidak lagi berupa kegiatan perploncoan, namun beralih menjadi kegiatan pengenalan yang menyenangkan dan mencerdaskan para siswa. (FR)