Go green tentu bukan wacana baru yang diperkenalkan belakangan ini. Namun, kali ini, MTs Surya Buana Malang coba menghadirkannya secara nyata kepada siswa. Ya, jika Anda memasuki kawasan madrasah di Jalan Gajayana IV nomor 631 Malang ini, akan tampak tumbuhan hijau sepanjang mata memandang. Indah sekali. Melalui tangan-tangan peduli dan kreatif, para siswa mampu mengubah setiap sudut sekolah dengan beraneka bunga dan tumbuhan penyejuk mata.

Dalam agenda go green ini, setiap kelas diberikan kesempatan untuk menciptakan taman mininya masing-masing. Setiap taman akan menunjukkan karakter kelas tersebut. Ada kelas yang memanfaatkan ban bekas sebagai tamannya. Ada pula yang memnggunakan batu-batu kecil untuk mempercantik area sekitar taman. Beberapa kelas bahkan sempat menambahkan kolam mini berisi ikan dan kelinci yang semakin menyeimbangan ekosistem lingkungan di dalamnya. Wah, menarik sekali, bukan?

Melalui kegiatan go green ini, selain memupuk jika kreatif siswa dalam mengolah taman mini yang cantik, siswa juga dapat belajar mengenai proses fotosintesis secara langsung. Kegiatan ini dapat memberikan siswa gambaran tentang peranan tumbuhan hijau yang sangat diperlukan dalam penjaringan CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Selain itu, kegiatan ini juga mampu memupuk jiwa peduli siswa. Secara berkala, para siswa merawat tumbuhan kelas mereka secara bergantian. Semangat selalu menghijaukan lingkungan ya, Matsasurbaku! (FUR)