Ada yang berbeda di MTs Surya Buana Malang, terutama pada pagi hari sebelum para siswa hendak memulai kegiatan belajar. Biasanya, seusai mengaji siswa akan langsung salat dhuha berjamaah. Namun, kali ini ada jeda yang tak lama disambut dengan tepuk tangan riuh para siswa.

Ya, sejak beberapa bulan belakang ini ada CIP (Cerita Inspirsi Pagi) yang secara bergantian disampaikan oleh Bapak/Ibu guru. Sebenarnya, CIP adalah program lama yang digiatkan kembali karena dirasa sangat bermanfaat bagi siswa. Dalam durasi 15-30 menit, guru akan memberikan CIP kepada siswa seputar agama atau hal-hal menarik lain yang syarat hikmah. Siswa menyambut positif kegiatan ini karena selain memotivasi, CIP juga menghibur. Gaya penyampaian inspirasi setiap guru mampu menghadirkan suasana keakraban yang berbeda tiap sesinya. Ada guru yang memulai CIP dengan lantunan ayat suci, mengulas hadist, menceritakan kisah nabi dan para sahabat, menyampaikan pengetahuan unik dalam bidang pengajarannya, cerita tentang keseharian, atau bahkan mengisahkan hikmah dari sikap yang biasanya dilakukan siswa. 

Menarik sekali menyaksikan siswa mengawali hari dengan semangat positif melalui kegiatan religi harian dan menejemen diri melalui CIP. MTs Surya Buana Malang tak hanya menempatkan diri sebagai madrasah tempat siswa menuntut ilmu, namun juga sebagai wadah membina akhlak siswa. Salah satu caranya, melalui cerita ringan seperti CIP ini. (FUR)