Lihat Video "SE"...

Study Empiris (SE) merupakan kegiatan tahunan MTs Surya Buana Malang yang selalu dinanti siswa. Pasalnya, kegiatan ini syarat akan kegiatan rekreatif. Aktivitas belajar yang sejatinya menjadi esensi kegiatan ini pun terasa begitu menyenangkan bagi para siswa.

Pada tanggal 30 Januari 2018 lalu, seluruh siswa, guru, dan karyawan MTs Surya Buana Malang berangkat menuju Wisata Bahari Lamongan (WBL). Tepat pukul 06.00 WIB, enam armada bus beriringan menuju lokasi SE. Lama perjalanan dari Malang—Lamongan yaitu sekitar 3-4 jam. Pukul 10.30 WIB, rombongan sampai dengan selamat di WBL. Sebelum menuju lokasi utama WBL, seluruh rombongan terlebih dahulu menuju masjid untuk melaksanakan salat Dhuha. Setelahnya, pendamping kegiatan dari pihak WBL menjemput siswa-siswi untuk mengikuti serangkaian kegiatan edukatif yang telah ditawarkan.

Kegiatan pertama siswa adalah menuju Islamic Art Museum. Pada sesi ini, siswa diajak menonton film mengenai sejarah islam dan mengenal budaya islam nusantara. Terdapat lembar observasi siswa yang harus diisi sesuai dengan hasil pengamatannya selama kegiatan. Setelah itu, menjelang tengah hari, keluarga besar MTs Surya Buana Malang melaksanakan salat dan istirahat makan siang. Kegiatan selanjutnya, siswa dipersilahkan untuk menikmati seluruh wahana yang tersedia. Guru dan karyawan pun turut menikmati wahana yang ada, namun dengan tetap mengawasi dan mendampingi seluruh siswa tentunya. Ada pun wahana yang tersedia diantaranya adalah rumah boneka, drop zone, 3D art trick, crazy wheel, dan total 40 wahana lainnya.

Seluruh siswa begitu antusias menjajal seluruh wahana. Sebagian diantaranya basah kuyup karena mencoba wahana air yang tersedia. Jeritan pun bersahutan di sela tawa siswa dan deburan ombak lautan. Sebagian lainnya, bermain bola dan berkejaran di pasir bersama kawan. Ada pula yang rehat menikmati ayunan pantai yang telah tersedia, atau sekadar menikmati menu kantin di pinggir pantai. Semua asyik menikmati kegiatan SE hari itu hingga sore hari. Lepas pukul 16.00 seluruh rombongan bersih diri dan bersiap pulang menuju Malang.

Wajah lelah terlihat pada wajah sebagian siswa, namun mereka tetap tertawa bahagia. Bagi siswa kelas 9, SE merupakan kegiatan nonakademis terakhir tahun ini karena setelah ini mereka akan fokus mengikuti persiapan jelang UN 2018. Salah satu agenda persiapannya adalah bimbingan khusus (BIMSUS) yang akan dilaksanakan secara intensif mulai bulan Februari 2018.

Semoga SE kali ini memberikan manfaat dan menjadi sarana edukatif-rekreatif yang menyenangkan bagi siswa di tengah padatnya aktivitas belajar selama ini. Bagi kakak-kakak kelas 9, semangat slalu mempersiapkan UN 2018, ya! Kalian pasti bisa! (FUR)