MALANG KOTA – Satu lagi siswa Madrasah Tsanawiyah Surya Buana berprestasi di bidang kaligrafi. Rifdah Nurrahmadiyyah, siswa yang masih duduk dibangku kelas VII itu berhasil menerima penghargaan sebagai juara 1 dalam lomba kaligrafi se Malang Raya pada 03 April 2015. “Ini prestasi saya kali kedua dalam tahun ini, setelah sebelumnya saya juga juara 1 bidang kaligrafi dalam Aksioma tingkat Kota Malang,” kata siswa kelahiran 23 Maret 2002 itu.

Lomba yang diadakan oleh SMAN 9 Malang itu diikuti oleh peserta dari sekolah se Malang Raya. Peserta dalam lomba tersebut merupakan perwakilan sekolahnya masing-masing yang tentunya punya keahlian melukis. Lomba dimulai dengan registrasi terlebih dahulu. Agar peserta tidak berjubel dalam satu meja, panitia menyediakan beberapa meja untuk registrasi. Setelah proses registrasi selesai semua peserta dikumpulkan dalam satu aula yang cukup besar untuk mendengarkan teknis lomba, lalu peserta dipersilahkan untuk menyiapkan alat-alat dan bahan untuk lomba. Lomba pun dimulai dengan durasi waktu 3 Jam. Rifdah kali ini melukis kaligrafi dengan background alam semesta. Tangan lincahnya mulai membuat sketsa di atas kanvas. Putri pasangan Gandi Sujatmoko dan Siti Nurhasanah itu butuh waktu 2 Jam untuk menyelesaikan lukisannya, sedangkan 1 jamnya ia gunakan untuk proses finishing.

“Alhamdulillah, waktu yang disediakan panitia cukup,” tandasnya. Sedangkan persiapan Rifdah sendiri dalam menghadapi lomba ini, dua minggu. Disekolahnya Rifdah terdaftar sebagai anggota Bakat-Minat. Bakat-Minat adalah wadah peminatan siswa MTs Surya Buana agar potensi yang mereka miliki dapat terbina secara intensif yang pembinaannya dilakukan setiap hari sabtu.

 Sementara guru pembimbingnya, Murti Sari Tuntas mempunyai penilaian tersendiri kepada Rifdah. Ia menyampaikan bahwa Rifdah layak untuk menjadi pemenang dalam lomba itu. “Rifdah adalah anak yang mempunyai kemampuan luar biasa khususnya dibidang seni lukis, selain anaknya punya talenta dia juga rajin,” katanya. Lebih lanjut guru seni budaya itu menyampaikan bahwa suatu saat Rifdah bisa menjadi pelukis terkenal. “Karya Rifdah sangat bagus, layak menjadi inspirasi untuk yang lain agar terus berkarya,” ujarnya. (ar)