Siswa MTs Surya Buana Juara Lomba Pidato dan Lomba Poster - Muhammad YusufKota Malang – Siswa MTs Surya Buana berhasil meraih juara Lomba Pidato dan Lomba Poster Se-Malang Raya. Lomba yang berlangsung pada 18-19 Januari 2014 di Kota Batu tersebut diikuti oleh beberapa sekolah/madrasah Se-Malang Raya. Sementara MTs Surya Buana diwakili oleh Muhammad Yusuf meraih Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia,

Leyna Nurrachma meraih juara 1 Lomba Poster, dan Lailisa Afifa meraih juara 2 Lomba Poster.
Ada kisah menarik yang disampaikan oleh Muhammad Yusuf, peraih Juara 1 Lomba Pidato tersebut. Dia menyampaikan bahwa tidak menyangka jika akan meraih juara 1. Hal itu dikarenakan persiapan hanya dilakukan satu minggu sebelum lomba. Persiapan dia lakukan mulai dari mencari referensi di internet, baca buku, sampai diskusi dengan guru dan teman. Setelah mendapat referensi dan masukan yang cukup, kemudian materinya dia olah sendiri. Dalam benaknya terlintas bahwa saat itulah waktu yang tepat untuk menunjukkan kemampuan. Tak heran jika tiap malamnya dia belajar dan mempersiapkan lomba tersebut sampai pukul 02.00 malam dan tidak ketinggalan disambung dengan shalat tahajjud. Sebelum berangkat lomba ia tidak lupa minta do’a kepada orang tuanya dan para guru/ustadznya, karena dia meyakini bahwa kekuatan do’a itu sangat luar biasa. “Usaha maksimal sudah saya lakukan, ya tinggal berdoa’ kepada ALLAH semoga diberikan yang terbaik”, kata siswa yang sekarang masih duduk dibangku kelas VII tersebut.
Siswa MTs Surya Buana Juara Lomba Pidato dan Lomba Poster - Leyna NurrachmaDalam pidatonya siswa yang mempunyai hobi membaca tersebut mengangkat tema Remaja dalam perspektif Islam. Dia menyampaikan bahwa Remaja sekarang ada beberapa yang sudah kelewatan batas. Ada sebagian remaja yang pacaran padahal agama sudah jelas-jelas melarang. Segi berpakaian pun sudah melewati batas. Masih ada remaja putri yang tidak memakai jilbab, padahal agama sudah mengatakan bahwa barang siapa perempuan yang mengumbar auratnya, 1 helai rambut saja sama seperti 100 tahun di neraka. Kita bisa menghitung berapa tahun nanti dineraka. Hadirin dan dewan juri serentak tepuk tangan mendengar pidato yang berapi-api dari siswa yang sekarang tinggal di Pontren Surya Buana tersebut. “Lagu-lagu sekarang juga banyak yang mengajak untuk melalaikan agama, padahal kita sebagai generasi islami harusnya cinta pada lagu-lagu yang mengajak senantiasa ingat kepada ALLAH”, Ujarnya. Tidak lupa diakhir pidatonya dia mengingatkan untuk kembali kepada ajaran Islam. Berpakaian yang islami, bergaul yang islami, berkata-kata yang baik, sehingga nanti akan lahir generasi yang beraklakul karimah.
Siswa MTs Surya Buana Juara Lomba Pidato dan Lomba Poster - LelySementara Leyna Nurrachma peraih Juara 1 Lomba Poster dan Lailisa Afifa mengaku sangat senang dengan prestasi ini. “Saya sangat senang meraih juara ini, mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi”, Ujarnya. (ar)