Sabtu, 8 Februari 2020, Tim Pramuka Matsasurba kembali memboyong piala dalam ajang tahunan Pestapraga 2020 se-Malang raya yang diselenggarakan oleh SMA Surya Buana. Ajang Pestapraga ke-3 ini diikuti oleh 16 regu dari berbagai sekolah jenjang SMP/MTs  se-Malang raya. Adapun prestasi yang didapat yaitu Juara 1 Lomba Instagram Scout Putri, Juara 3 lomba instagram of scout putra, juara 2 lomba poster putra, juara 2 lomba sandi morse (SMS) putri, juara 2 lomba LKFPBB putra, juara 3 lomba cerdas cermat putri.

Praja muda karana, yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya, memiliki sasaran pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti yang luhur. Sehingga sangatlah sesuai masuk kedalam ekstrakurikuler wajib disekolah. Siswa pun dapat mengembangkan kemampuan psikomotor, afektif dan kognitif mereka secara terpadu.

Practice makes perfect, pepatah itulah yang cocok untuk menggambarkan regu MTS SURYA BUANA pada ajang ini. Proses latihan selama 1 bulan lamanya dilakukan secara rutin dan sungguh sungguh. Bersama dengan beberapa kakak pembina yakni Kak Juki, Kak Ima dan Kak Hermanto siswa dibimbing dan dipersiapkan dengan matang. Kegiatan yang rutin dilakukan selama proses latihan yakni pemanasan, latihan perbidang lomba, baris berbaris, ketangkasan dan kekompakan. Tak lupa pula dengan selalu mengawali dan mengakhiri latihan dengan berdoa bersama.

“saya senang, bahagia dan bangga, alhamulillah bisa menang. Intinya kita harus ikhtiar, berusaha dan tetap fokus ketika lomba dan kalau menang jangan tinggi hati”, ucap ananda Mochammad Fajar Dwi Aprilianto yang akrab dipanggil Fajar, siswa kelas 8A, salah satu anggota regu Pramuka Masasurba. Dengan mengikuti kegiatan seperti ini diharapkan siswa dapat terlatih untuk bersikap mandiri, bertanggung jawab dan berani mengambil keputusan. (her)