Sore itu, Ahad, 23 Februari 2020, rasa haru dan syukur meliputi hati para siswa-siswi Matsasurba yang diberi amanah untuk menjadi peserta Lomba Javamera VII yang diselenggarakan oleh MAN 1 Kota Malang. Bagaimana tidak, perjuangan yang sudah mereka lakukan secara maksimal telah dijawab oleh Allah dengan kemenangan bertubi.

Kemenangan tersebut meliputi: a) Juara 1 Lomba Cerdas Cermat, b) Juara 1 Lomba Sanitasi Kesehatan, c) Juara 1 Lomba Kesiapsiagaan Bencana, d) Juara 1 Lomba Kesehatan Remaja, d) Juara Harapan 1 Lomba Pertolongan Pertama, dan e) Tim Terkompak. Alhamdulillah rentetan kemenangan tersebut telah berhasil mengantar PMR Matsasurba sebagai Juara Umum untuk kedua kalinya di bawah bimbingan para fasilitator dari PMR Universitas Negeri Malang (UM), yakni Kak Hafizah, Kak Ria, dan Kak Rozi.

Perlombaan tersebut diikuti oleh peserta dari MTs dan SMP se-Malang Raya yang memiliki ekstrakurikuler PMR. Peserta dari Matsasurba diwakili oleh Angelita Nurrahma P., Nasywa Kamila F., Masyitha Yasmin, Najwa Nabila N. M., Aulia Frida Savina A., Berlian Wahyu A., Muhammad Rayhan, Muhammad Firdaus Haykal, Farra Naufal, dan Naufal Falih Rizqi Romadlon.  Mereka saling berkompetisi dengan tim lainnya secara sportif dan kekeluargaan. Bagi mereka perlombaan yang terselenggara adalah wadah untuk mempraktikkan ilmu sekaligus menjalin silaturrahmi antar-SMP/MTs yang ada di Malang Raya, seperti MTsN 1 Kota Malang, MTsN 2 Kota Malang, MTsN 1 Kabupaten Malang, MTS NU Pakis, MTsN 1 Batu, SMP BSS, SMPN 8 Malang, SMP BSS, dan masih banyak lagi.  

Perlombaan yang berlangsung mulai dari pukul 7.00 s.d. 17.00 tersebut telah berhasil melatih dan membentuk karakter para siswa MTS SURYA BUANA, antara lain kekompakan, kekeluargaan, kedisiplinan, ketanggapan, dsb. Dengan bekal karakter-karakter tersebut, mereka harus mengatur strategi terbaik agar berhasil menyelesaikan tantangan di setiap cabang lomba yang sudah ditentukan oleh panitia Javamera VII. (Fin)