Dalam rangka memperingati HUT Koperasi ke-72, MTs Surya Buana kembali mendapatkan undangan untuk menjadi peserta Jambore Koperasi kali ketiga, dihitung sejak tahun 2017 sampai 2019.  Tahun ini, pelaksanaan kegiatan jambore bertempat di Lapangan Dodik Bela Negara, Rampal, Malang pada tanggal 26-28 Juli 2019. Diikuti oleh para siswa yang berasal dari 30 SMP/MTs se-Kota Malang, kegiatan ini memberikan banyak dampak positif bagi para peserta.

Tak terkecuali bagi para peserta dari MTs Surya Buana yang diwakili oleh para pengurus OSIS, PMR, dan Pramuka. Para siswa yang terpilih tersebut  yakni, Rayhani, Naswa, Jovita, Mila, Okta, Rido, Zidan, Ghariza, Ruslan, dan Hikmal. Mereka adalah perwakilan dari para siswa matsasurba yang aktif berorganisasi dan juga berprestasi.

Kesepuluh siswa matsasurba tersebut berhasil mendapatkan 2 penghargaan pada Jambore Koperasi 2019, yakni Juara 1 Lomba Uji Kompetensi Perkoperasian yang diwakili oleh Dias Octa dan Alfir Rido, serta Juara Harapan 2 Lomba Coop Made yang diikuti oleh kesepuluh anggota tim. Prestasi tersebut adalah hasil kerja keras mereka selama 2 minggu di tengah padatnya aktivitas menjadi panitia penyambutan siswa baru. Mereka telah membuktikan bahwa menjadi siswa aktif berorganisasi tidak menghalangi untuk berprestasi baik secara akademik maupun nonakademik. (Fin)