Elyta Dia Cahyanti merupakan salah satu guru Matematika MTs Surya Buana yang berhasil menembus prestasi nasional, OGM (Olimpiade Guru Matematika) ke – 4, dengan menyabet Juara Harapan II untuk kategori guru Matematika SMP/MTs nasional. Event tahunan yang diadakan oleh lembaga KPM (Klinik Pendidikan Mipa) melakukan seleksinya sejak bulan Oktober 2018 hingga April 2019. Seleksi ketat pun dilakukan dari tingkat karesidenan hingga melaju ke final. Tahun ini penyelenggaraan seleksi final diadakan pada 28 April 2019, di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta Utara.

Persiapan matang telah dilakukan sejak jauh jauh hari. Bahkan disela sela jam mengajar dikelaspun digunakan untuk berlatih soal. Disisi lain, ibu Elyta memiliki pengalaman juga dalam pengajaran siswa siswa olimpiade. Sehingga sangat tak asing lagi bagi beliau untuk menghadapi soal rumit matematika.

Semua peserta final berkumpul dan duduk sesuai urutan yang telah ditetapkan. Acarapun dibuka apik dengan sambutan dan hiburan. Tahun ini, jumlah peserta yang berhasil melaju ke tahap final yakni 60 guru yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Sistem seleksi final yang dilakukan yakni dengan mengerjakan beberapa soal essay dengan materi tingkat SMP/MTs namun dikemas dengan tingkat kesulitan yang kompleks.

Suka duka mengikuti OGM ini sungguh berkesan. “ Nama saya sempat tidak tercantum ketika proses registrasi waktu itu, sehingga saya terpaksa duduk di bangku ekstra paling belakang dan mengerjakan soal pun terlambat karena kendala teknis”, pungkas Bu elyta. Namun semua berbuah manis, membawa pulang piala harapan II untuk kategori guru SMP/MTs.

Dengan prestasi ini diharapkan membuka semangat semua guru agar bisa mengikuti kompetisi serupa guna meningkatkan kompetensi dan menambah pengalaman. (her)