Siapa yang mengatakan bahwa hanya siswa yang harus berprestasi? Guru bahkan kepala sekolah pun harus brestasi. Akhmad Riyadi, S.Si, S.Pd, M.Pd, Kepala MATSASURBA, setelah tahun sebelumnya meraih juara harapan 2 dalam kategori kepala MTs terbaik se-Jawa Timur, tahun ini Juara 2 dalam kategori yang sama, berhasil diraih.

Anugerah guru dan tenaga kependidikan madrasah merupakan program  tahunan dari Kementerian Agama. Untuk tahun ini, anugerah GTKM diselenggarakan pada tanggal 6 September 2018 di Hotel Premier Place, Sidoarjo. Rutin  diadakan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi atas dedikasi, kontribusi aktif dan prestasinya di dunia pendidikan. Adapun kategori lain selain kepala madrasah yakni guru, pengawas madrasah, laboran dan pustakawan. Mengingat pentingnya peran posisi-posisi tersebut pada sebuah madrasah.

Sistem penilaian dilakukan secara transparan dan independen, dimana semua peserta diwajibkan memenuhi semua kelengkapan persyaratan diantaranya membuat dokumen portofolio yang berisikan kualifikasi akademik, pendidikan dan pelatihan tujuh tahun terakhir, pengalaman mengajar atau melakukan supervisi, keikutsertaan dalam forum ilmiah dalam 7 tahun terakhir, pengalaman organisasi dan penghargaan yang relevan. Kelengkapan persyaratan yang lain yakni menyerahkan karya tulis ilmiah berupa project report yang berisi tentang program pengembangan madrasah yang sudah atau sedang dilaksanakan.

Terdapat tiga tahap penilaian untuk penentuan pemenang. Tahap pertama, babak penyisihan yakni penilaian dokumen portofolio dan dan karya tulis ilmiah. Tahap kedua atau lima besar yaitu tahapan verifikasi untuk mendapatkan data faktual bahwa yang bersangkutan adalah orang yang sebenarnya baik diri maupun prestasi. Tahap terakhir  atau babak final yaitu peserta diminta untuk mempresentasikan karya ilmiah diikuti dengan wawancara.

Memiliki aktivitas yang padat sebagai kepala madrasah, tak membuat Akhmad Riyadi melewatkan kesempatan ini begitu saja. Persiapan dilakukan dengan matang hingga tahap demi tahap berhasil dilalui. Usaha tak menghianati hasil, pengumuman akhirpun menunjukkan Akhmad Riyadi dinobatkan sebagai juara ke 2 dalam kategori kepala MTs Berprestasi Tingkat Jawa Timur.

Kepala MATSASURBA yang sudah dikaruniai dua putra ini, membawa kabar gembira dan membanggakan ke madrasah. Prestasi ini pun secara otomatis memotivasi para guru untuk terus mendidik dan mengajar sekaligus berprestasi juga. “Diharapkan kepada semua guru untuk terus bersemangat dalam mendidik dan berkontribusi di dunia pendidikan. Jangan pernah puas dan berhenti mengembangkan diri”, ucap Pak Riyadi pada kesempatan rapat koordinasi harian. (Her)