Kota Malang - Pada tanggal 4 Februari 2018 lalu, sepuluh siswa MTs Surya Buana 2018 mengikuti lomba ke-PMR-an JAVAMERA di MAN 1 Malang. Berbagai perlombaan diadakan dalam ajang yang diadakan setiap dua tahun sekali ini, diantaranya lomba pertolongan pertama, presentasi Ayo, Siaga Bencana!, sanitasi kesehatan, kesehatan remaja, serta album persahabatan. Sekitar 20 tim yang memuat 200 peserta hadir untuk memeriahkannya.

Perlombaan JAVAMERA dimulai pada pukul 07.00 dengan agenda pertama apel pagi. Seluruh peserta mengikuti kegiatan ini. Setelah itu, lomba pertama dilangsungkan, yaitu lomba album persahabatan diadakan tepat pukul 08.00. Lomba ini bertujuan untuk mengasah kreativitas dan jiwa go green karena setiap kelompok peserta diminta untuk membuat album kenangan yang unik dan cantik dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang telah dipersiapkan sebelumnya. Seru banget, ya!

Acara demi acara berlangsung hingga waktu istirahat siang tiba. JAVAMERA kemudian ditutup dengan pensi yang menampilkann berbagai kreasi seni. Dalam pensi kali ini, PMR Matsasurba menampilkan seni tari, olah vokal, puisi, serta permainan alat musik. Pada akhir acara, pengumuman pemenang dibacakan. Rupanya, proses latihan yang selama ini dijalani tidak mengkhianati hasil. Nyaris setiap hari anggota PMR Matsasurba mengikuti latihan hingga menjelang sore. Hari Sabtu dan Minggu pun mereka optimalkan untuk berlatih. Berkat doa dan kerja keras itulah, PMR Matsasurba pada akhirnya berhasil menjuarai beberapa kategori, yaitu juara harapan 2 lomba pertolongan pertama, juara 1 lomba presentasi Ayo, Siaga Bencana!, juara 1 lomba sanitasi kesehatan, juara 1 lomba kesehatan remaja, serta juara 1 lomba album persahabatan. Atas serentetan prestasi membanggakan yang teraih itu, PMR Matsasurba menempati juara umum JAVAMERA 2018. Bravo! (FUR)