Kota Malang - Tak seperti biasanya, sayup-sayup terdengar paduan suara sedang berlatih di ruang tengah MTs Surya Buana Malang. Rupanya siswa-siswi Matsasurba tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Paduan Suara Mars dan Hymne Madrasah 2018 dalam rangka memperingati HUT Kemenag Kota Malang.

Ini kali pertama MTs Surya Buana mengikuti paduan suara. Langkah awal dimulai dengan menyeleksi suara peserta. Selanjutnya, penampilan, mimik, gesture, serta hal terkait lainnya dipersiapkan. Selama sekitar 30 hari, para siswa tekun berlatih bersama tentor yang telah berpengalaman di bidangnya. Dengan sabar dan tekun, pelatih dan peserta lomba bersinergi agar dapat menciptakan nada paduan suara yang diinginkan.

Tepat tanggal 25 Januari 2018, sekitar 30 siswa berangkat menuju perlombaan. Berbagai pantangan agar suara tetap terjaga, seperti tidak minum es, makan gorengan, dan istirahat cukup, telah dilaksanakan dengan patuh. Segala ikhtiar diupayakan agar penampilan perdana Matsasurba Voice tampil optimal. “Rasanya seperti pesimis, namun tertantang untuk menang, Bu,” kata Tsabita, siswa kelas 8D yang berdiri sebagai dirigen Matsasurba Voice. Kendatipun awalnya pesimis, namun usaha dan latihan paduan suara yang dilakukan siswa selama ini membuahkan hasil manis. “Juara 3 diraih oleh...Matsasurba Voiceeee”. Pengumuman dari MC tersebut sontak disambut jerit dan haru para siswa. Perpaduan syukur, rasa tak percaya, dan bahagia membuncah menjadi satu. Hari itu, para siswa belajar bahwa tak ada yang tak mungkin apabila kita terus berusaha dan berdoa. Matsasurba Voice, kalian luar biasa! (FUR)