Pertengahan tahun 2017 merupakan salah satu tahun bersejarah bagi MTs Surya Buana Malang. Pasalnya, pada tahun ini, Bapak Akhmad Riyadi, S.Si., S.Pd., M.Pd., berhasil meraih juara 1 kategori Kepala MTs berprestasi tingkat Kota Malang. Sementara untuk tingkat Provinsi Jawa Timur, beliau berhasil meraih juara harapan 1 kategori Kepala MTs menyisihkan 81 peserta lainnya.

Ajang kompetisi guru, kepala RA/Madrasah, dan pengawas madrasah berprestasi Tingkat Kota Malang dan Provinsi Jawa Timur ini diadakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Terdapat 3 kriteria kompetisi, yaitu tingkat guru, kepala RA/Madrasah, serta pengawas madrasah. Dalam perlombaan ini, MTs Surya Buana Malang mengikutisertakan Kepala Madrasah sebagai peserta perlombaan, dengan kriiteria sesuai dengan yang dipersyaratkan, yaitu (1) aktif menjalankan tugas sebagai kepala RA/Madrasah, (2) berstatus PNS atau guru tetap bagi yang bukan PNS, (3) pendidikan terakhir sekurang-kurangnya sarjana (S1), (4) telah melaksanakan tugas sebagai kepala pada RA/Madrasah sekurang-kurangnya 3 tahun, (5) belum pernah mendapatkan penghargaan/apresiasi peringkat/juara 1 di tingkat kota/nasional/internasional selama 3 tahun berturut-turut, dan (5) tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin dalam menjalankan tugas sebagai guru/kepala satuan pendidikan.

Selanjutnya, kepala madrasah dalam ajang ini diminta untuk membuat laporan karya ilmiah atau project report berupa paparan program/kegiatan pengembangan satuan pendidikan yang telah/sedang dilaksanakan. Laporan tersebut diajukan bersama sederet persyaratan administratif lainnya.

Panitia pelaksana kompetisi kemudian memilih 9 nominator dari 81 peserta yang mendaftar. Bapak Riyadi dan kedelapan nominator lainnya kemudian diundang untuk melakukan tes tahapan selanjutnya, yaitu presentasi dan wawancara. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 15—16 Agustus 2017 di Hotel Swiss Berlin Airport Surabaya. Pada sesi akhir, panitia memilih beberapa finalis, diantaranya Bapak Akhmad Riyadi, S.Si., S.Pd., M.Pd., sebagai juara 1 Kepala MTs berprestasi tingkat Kota Malang dan juara harapan 1 Kepala MTs berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timut tahun 2017. Selamat Pak Riyadi, smoga segala prestasi yang diraih penuh berkah dan manfaat serta menginspirasi guru lainnya. Jayalah terus, Matsasurba! (FUR)