Madrasah Tsanawiyah Surya Buana yang dikenal dengan MATSASURBA semakin memantapkan langkahnya menuju Go International. Setelah di tahun-tahun sebelumnya menjurai berbagai kejuaraan bidang riset di berbagai negara seperti Kroasia, Thailand, Malaysia, Hongkong, dan Korea, pada Tahun Pelajaran 2016/2017 ini berbagai medali tingkat Internasional kembali berhasil diborong oleh siswa dan guru madrasah yang terakreditasi A tersebut.

Di tahun 2017 MTS Surya Buana Malang kembali menyabet sejumlah medali dan award pada IDRIS 2017. IDRIS (Innovation Design Research International Symposium) merupakan lomba karya tulis ilmiah yang digelar di Silka Maytower Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia pada 23-25 April 2017. Lomba tersebut diikuti oleh 19 negara yakni Vietnam, Cambodia, Hongkong, Macau, Malaysia, Bulgaria, China, Marocco, Indonesia, Taiwan, Canada, Romania, Thailand, Philipina, USA, dan Korea.

Mereka yang telah mengharumkan Indonesia adalah Tsabita Azzah Kamila, putri dari pasangan Muhtadil Choiri dan Ida Karlina itu berhasil memperoleh Gold Medal bidang Fisika dan mendapatkan Special Award dari Korea dan Filipina dengan Karya “Power Electricity Based Magnetism”. Kemudian Aulia Rahma Sumarsono yang merupakan putri dari pasangan Imam Sumarsono dan Siti Mulyati, berhasil mempresentasikan karyanya “Fertilizer By Using Shrimp Waste”. Dengan karyanya tersebut ia berhasil meraih Silver Medal dan Special Award dari Korea sedangkan dari Kanada berhasil memperolah Silver Medal bidang pertanian. Sementara Dordiajeng Yasmin putri dari pasangan Ibnu Fajar dan Nawang Dwi Ana, dan Calisya Maharani putri dari pasangan Joko Saryono dan Nurul Khasanah berhasil meraih Silver Medal dan Special Award dari Korea bidang Medical and Care. Tidak ketinggalan Mardiyah, S.Si guru KIR dan Dra. Hj. Sri Istuti Mamik, M.Ag yang merupakan pembina Yayasan Bahana Cita Persada Malang itu juga berhasil meraih Double Gold serta Special Award dari Menteri Mendidikan Malaysia dengan uang pembinaan sebesar 200 ringgit Malaysia. Beliau mempresentasikan karyanya dengan judul “Fantastic Natural Health Drink”, sebuah minuman untuk menghilangkan kebiasaan merokok dan alkohol. (ar)