MALANG KOTA - Perguruan Surya Buana mengadakan kegiatan manasik haji dan salat Idul Adha di kampus IV. Manasik haji dilaksanakan Sabtu (10/09/16) Salat Idul Adha serta penyembelihan hewan kurban digelar kemarin (12/09/16).

Agenda manasik haji diikutu oleh seluruh siswa Perguruan Surya Buana mulai dari TK, SDI, MTs, SMA dan Pondok Pesantren, sedangkan pelaksanaan salat Idul Adha diikuti oleh seluruh siswa, guru, karyawan, dan warga sekitar kampus.

Istimewanya, kegiatan manasik haji di Perguruan Surya Buana dinilai baik dari segi ketertiban, kekompakan pakaian, ketepatan rukun dan bacaan. Agar lebih tertib, siswa dibentuk dalam 17 kelompok dengan nama Negara. Para siswa dilatih untuk melakukan sa'i, wukuf, dan lempar jumrah.

“dengan kegiatan manasik haji ini mudah-mudahkan siswa akan termotivasi untuk melaksanakan ibadah haji, rukun Islam yang lain daripada rukun islam lainnya. Karena ibadah haji perlu mempersiapkan segalanya mulai dari hatinya, badan dan juga biaya," ujar Direktur Perguruan Surya Buana, Drs. H. Abdul Djalil Z, M.Ag.

Selain itu, lanjutnya, “kalau anak sudah pernah melakukan manasik haji di sekolah, ia akan tetap ingat urutannya meskipun pelaksanaan manasik tidak sama persis dengan pelaksanaan ibadah haji di Mekah."

Tak hanya itu, Perguruan Surya Buana tahun ini menyembelih 7 ekor sapi dan 7 ekor kambing, 5 ekor sapi berasal dari para guru, 1 ekor sapi berasal dari siswa dan 1 ekor sapi berasal dari pengembang Perguruan Surya Buana.

Menurut Pembina Yayasan, Dra. Hj. Sri Istuti Mamik, M.Ag daging hewan kurban tersebut akan dibagikan ke anak yatim piatu disekolah sekolah dan warga sekitar kampus. Yakni, RT 2 dan RT 3 di jalan Gajayana, RT 1 di lingkungan TK dan SDI Surya Buana. Pada hari tasrik pertama siswa TK hingga Pondok Pesantren Surya Buana mengadakan acara makan bersama.

“Harapannya agar semua warga baik guru, karyawan maupun siswa betul-betul mampu menghayati dan mengamalkan syariat Islam yang sebenar-benarnya dengan adanya latihan-latihan seperti ini," ujarnya.

Karena, lanjutnya, visi sekolah adalah unggul dalam prestasi apapun baik prestasi ibadah, prestasi akademik, prestasi non akademik, unggul dalam prestasi, terdepan dalam inovasi, maju dalam kreasi, berwawasan lingkungan.

Berita dimuat di Malang Pos Edisi Selasa 13 September 2016

?>