Tak terasa hampir 1 semester aku bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana. Sekolahku sebagian dari program belajarnya adalah “kegiatan outbond”. Hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2015, sekolah mengadakan outbond ke Taman Wisata Wendit.

Jam 07:00 kami sudah harus berkumpul di sekolah,

sesudah itu seperti biasa kami shalat dhuha dan mengaji berjamaah, Kami juga memohon kepada Allah S.W.T kelancaran, keselamatan dan keberkahan dalam perjalanan outbond kali ini.

Seluruh warga sekolah , dari Kepala Sekolah , Bapak Ibu guru serta Guru wali kelas masing-masing dan seluruh murid kelas 7, 8 dan 9 uisdah siap berangkat, untuk keamanan dan keselamatan maka dilaksanan pengecekan nomer absen dan pembagian kelompok.

20 armada angkot siap mengantar kami, setelah diadakan pengecekan ulang maka angkot melaju dengan kecepatan sedang. Di dalam angkot kami sangat bergembira membayangkan permainan – permainan di sana.

Akhirnya sampailah kami di tempat wisata alam yang berupa pemandian alami yang dinamakan Taman Wisata Wendit , yang berada di Desa Mangliawan , Kecamatan Pakis. Kabupaten Malang yang berjarak 8 km dari pusat kota.

Sebelum memasuki area wisata, kami harus mengikuti kegiatan baris-berbaris  dulu, baru kemudian masuk dengan tertib dan bergiliran . Acara pertama adalah perkenalan dengan kakak-kakak Pembina yang bertugas memandu outbond,  selanjutnya kami senam bersama. Di Wendit Kami melihat banyak sekali kera, bergelantungan dan berjalan kian kemari. Banyak pengunjung memberi makan pada mereka.

Akhirnya acara yang Kami tunggu-tunggu tiba, yaitu acara outbond yang diantaranya adalah gua hantu, lempar gelang, membawa air dalam tabung yang terbuka, sambung pipa dan yang paling menegangkan adalah flying fox, saya takut sekali tapi saya berpikir lagi, mengapa harus takut , toh segalanya sudah diperhitungkan keamanannya.

Waktu ishoma yaitu istirahat, shalat, makan tiba. Setelah puas bermain , kami jadi sangat lahap menikmati makan siang bersama, kemudian sesudah shalat berjamaah dan berdoa bersama memohon keselamatan perjalanan pulang tak lupa kami bersyukur kepada Allah S.W.T atas nikmat-Nya karena telah diberi kesempatan bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana tercinta ini, dan mengikuti kegiatan outbond dengan lancar dan bergembira. Akhirnya setelah pengecekan dan absensi, maka kami pulang dengan gembira. Perjalan Outbond yang menyenangkan dan tak terlupakan. (Oleh : Moh. Ridwan Zakary, Siswa Kelas VII-D)

Berikut laporan Outbond yang lain:

Outbond Siswa MTs Surya Buana MalangPada hari Sabtu , 31 Oktober 2015 kami melakukan outbond ke Taman Wisata Mendit , Kec . Pakis, Kabupaten Malang , Jawa Timur. Sebelumnya. Kami berkumpul di MTs Surya Buana. Diawali dengan shalat Dhuha bersama, kemudian kami menuju angkot masing – masing. Saya masuk ke angkot no.10 dengan teman-teman saya, Akhirnya kita semua berangkat. Kami menuju ke lokasi, tepatnya di Jalan Raya Asri Katon , Desa Mangliawan.

Kami akhirnya sampai, kami pun langsung baris di depan Wendit , kami berbaris sesuai kelas masing-masing . setelah itu , kami pun langsung memasuki area outbond . sebelumnya ,kami berbaris untuk berkenalan dengan Bapak-bapak yang akan mendampingi kami selama outbond. Dilanjutkan dengan senam pagi yang diiringi musik keras. Mungkin bagi saya senam ini terlalu kekanak-kanakan , tapi entah mengapa senam terasa sangat menghibur bagi diri saya. Setelah itu kami diberikan permainan untuk siapa saja yang akan sekelompok dengan dirinya masing-masing. Alhamdulillah saya sekelompok dengan teman terdekat saya. Kami disuruh memilih ketua dari kelompoknya masing dan nama kelompoknya. Kelompok saya diketuai oleh Azka anak 9D. dan kelompok saya bernama kelompok Onta.

Kegiatan outbond pun dimulai , dan setiap diberi kertas nilai , dari setiap pos-pos lomba ada Bapak pedamping yang akan memberikan nilai jika kelompok itu berhasil menyelesaikan lomba. Lomba-lomba itu bernama Gua Hantu, Pipa Bocor, Flying Fox dll. Selama beberapa jam kegiatan pun dihentikan, Kami diberikan makan siang yang lezat dan sholat Dhuhur di Mushola. Setelah terkena air wudhu, badan saya yang awalnya lelah dan pegal-pegal , menjadi segar kembali dan bersemangat untuk melanjutkan kegiatan outbond kembali. 

Kegiatan dilanjutkan, setiap kelompok berkumpul di tempat pertama kami semua berkumpul dan disuruh untuk membuat. Kami pun membuat yel- yel yang bagus . Kemudian ketua pembimbing mengatakan “Yang pertama maju akan dapat nilai bonus” Kami pun mengacungkan tangan dan tampil pertama di hadapan para guru. Dan ternyata kami salah. Seharusnya kami menghafalkan yel-yel yang ada di spanduk, tapi kami tetap mendapatkan nilai. Kelompok kami kalah. Tetapi kami senang. Kami pun kembali ke angkot kami masing-masing . Kami kembali ke MTs dan pulang kerumah masing-masing. Saya mendapatkan pengalaman yang menyenangkan juga. Terima kasih. (Oleh: Haiqal Jago Panjalu, Siswa Kelas IX-B)