MTs Surya Buana Study Empiris ke Jatim Park 2 dan Eco Green ParkKota Malang – MTs Surya Buana melaksanakan Study Empiris (Kamis,30/01/2014) Ke Jatim Park 2 (Museum Satwa, Secret Zoo) dan Eco Green Park, Kota Batu. Kegiatan yang lebih dikenal dengan sebutan SE tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh madrasah yang beralamatkan di Jl. Gajayana IV/631 tersebut.

Sementara tujuan diadakannya SE adalah dalam rangka memberi pengalaman langsung kepada siswa dalam bentuk observasi ke tempat yang bernuansa rekreatif-edukatif.
Dengan mengenakan seragam SE berwarna biru para siswa mulai berkumpul di depan GIANT, Dinoyo Kota Malang sejak pukul 06.30 WIB. Mereka dibagi dalam 5 Bus, yang masing-masing Bus diisi maksimal 60 Orang. Koordinator Bus yang terdiri atas 2 orang guru terlihat sibuk mendata kehadiran mereka. Para siswa terlihat begitu tertib masuk bus satu persatu. Setelah dipastikan semua lengkap, pada pukul 07.30 WIB mereka langsung berangkat menuju Kota Batu.
Tujuan pertama adalah Masjid Kota Batu. Mereka menuju ke sana untuk melaksanakan Shalat Dhuha terlebih dahulu. Dalam kesehariannya memang madrasah yang terkenal dengan segudang prestasinya itu membiasakan penanaman karakter siswanya lewat kegiatan religius, salah satunya adalah Shalat Dhuha 8 rakaat. Jadi meskipun kegiatan keluar seperti SE, mereka tidak meninggalkan Shalat Dhuha. Sesampainya di Masjid yang terletak tepat di depan alun-alun Kota Batu tersebut, seluruh siswa dipandu oleh gurunya langsung menuju tempat wudhu, sebagian yang sudah berwudhu dari rumah langsung masuk ke dalam Masjid. Dengan tertib mereka melaksanakan Shalat Dhuha dan dilanjutkan dengan berdoa. Suasana terasa tenang dan hening. Setelah itu mereka diberi waktu kurang lebih 15 menit untuk menikmati fasilitas yang ada di alun-alun Kota Batu.
Jam menunjukkan pukul 08.45 WIB, semua siswa menuju Busnya masing-masing untuk melanjutkan perjalanan ke Jatim Park 2. Setelah sampai di sana, mereka menuju Eco Green Park. Satu persatu mereka masuk dengan diberi gelang terusan oleh petugasnya. Di Eco Green Park tersebut mereka dapat menikmati 35 wahana yang memadukan konsep wisata alam, kebudayaan, lingkungan dan seni yang inspiratif, menarik dan mendidik.
Dari 35 wahana tersebut diantaranya adalah: Insectarium, mereka berinteraksi langsung dengan serangga serta mengamati dengan detail setiap bentuk-bentuk serangga yang ada. Walking Bird, mereka mengamati jenis-jenis burung yang tidak suka terbang. Pengolahan Limbah, mereka belajar tentang pengolahan limbah sampah atau kotoran hewan dengan metode komposter aerob (pembuat briket, biogas). Monumental Candi, mereka mengamati keagungan candi-candi se Jawa Bali. Pasar Burung Tempo Doeloe, mereka menemukan hewan kesayangannya, juga waroeng piloeng yang menyediakan jajanan khas tempo dulu. Memberi Makan Burung, mereka berinteraksi langsung dengan burung-burung sancounur dan memberi makan langsung dari tangan mereka. Eco Journey, mereka melihat kehidupan prasejarah menggunakan kereta mulai dari zaman purba sampai jaman modern. Rumah Strawberry, Jamur dan Carnivora Garden, mereka belajar cara budidaya strawberry dan jamur berserta pengolahannya dan dapat membeli hasilnya seperti sate strawberry dan kripik jamur. Pengolahan Susu, mereka belajar tentang cara mengolah susu hingga menjadi produk susu. Perkebunan Sayur, mereka belajar mengenai cara berkebun atau menanam sayur dan mengenai berbagai jenis sayur. Jungle Adventure, mereka berpetualang di hutan jati mengendarai electric car, dengan jalan cerita menarik, seru dan menantang selamatkan satwa yang ada. Rumah Terbalik, mereka melihat seluruh property yang ada di dalam rumah ini berada di atas. Kendali Hama, mereka berpetualang membasmi hama-hama yang ada di wahana ini dengan cara menembak hama tersebut dengan pistol air. Dome Multimedia, mereka melihat tayangan 3D yang menceritakan tentang Hanoman dengan layar berputar dan efek-efek yang mengejutkan.
Tidak terasa mereka sudah menghabiskan waktu di Eco Green Park kurang lebih 2,5 jam. Setelah dari Eco Green Park, observasi selanjutnya ke museum satwa. Sebelum melanjutkan observasinya, mereka Sholat Dhuhur terlebih dahulu dan makan siang. Di Museum satwa mereka melakukan observasi satwa-satwa awetan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika. Seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa diperoleh tidak dengan sengaja diburu tetapi dengan cara mengawetkan satwa yang telah mati. Selain satwa awetan yang ada di masa kini, di Museum Satwa mereka juga disajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan replika satwa purba lainnya. Koleksi ratusan jenis kupu-kupu, kumbang, belalang, laba-laba, dan serangga lainnya dari berbagai Negara juga mereka ketahui. Mereka juga diberikan hiburan menarik berupa Ice Live Show yang menceritakan tentang perdamaian dan akibat perusakan alam oleh manusia. Di akhir pertunjukan, mereka diajak untuk menari dan menyanyi bersama satwa disertai hujan gelembung salju yang dapat menambah keceriaan mereka.
Setelah dari museum satwa mereka menuju Secret Zoo. Di sana mereka dapat mengobservasi langsung diantaranya: Aquarium, Berisi berbagai macam akuarium dimana berbagai jenis binatang air ada disini yang dikemas dalam satu area yang lengkap. Batu Secret Zoo A, dalam area ini terdapat berbagai macam Primata, Lemur, Landak, Kasuari, Ular Phiton, dan berbagai macam burung yang terbang bebas di atas kita yang menjadikan suasana di area ini seperti di alam liar yang sebenarnya. Mancing Harimau, dengan mengunakan alat pancing dan umpan daging ayam seperti memancing ikan mereka dapat memberi makan Harimau Putih sehingga memberikan atraksi yang menarik. Savannah, dengan pemandangan khas Savannah Afrika mereka dapat menyaksikan berbagai macam binatang Afrika sesuai dengan habitat aslinya. Pasar Afrika, mereka dapat beristirahat disini menikmati makanan yang disediakan, berfoto dengan burung yang dapat mereka pegang langsung, dan melihat Gajah. Tiger Land, mereka jumpai berbagai jenis Harimau dan Singa. Fantasy Land, mereka juga menikmati 40 wahana permainan yang menarik dan menantang.
Kegiatan pada hari itu diakhiri pukul 17.00 WIB. Setelah dari Secret Zoo mereka langsung menuju busnya masing-masing persiapan pulang. Tepat Pukul 17.15 WIB setelah semua dipastikan lengkap mereka langsung menuju Kota Malang. Mereka dijemput oleh orang tuanya di Masjid Al-Falah Jl. Bandung Kota Malang.
Semua siswa tampak antusias dan senang mengikuti kegiatan tersebut. “saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, banyak hal yang bisa kami dapatkan, banyak nuansa pembelajaran yang menyenangkan”, kata salah satu siswa kelas VII.
Sementara Siti Zubaidah, menyampaikan kegembiraannya dan rasa syukur karena kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. “saya sangat bersyukur, anak-anak senang dan bisa mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir”, kata Ibu yang sekarang menjabat sebagai waka kesiswaan MTs SB tersebut. Beliau juga mengatakan bahwa dalam rangka membudayakan para siswa gemar menulis maka setelah kegiatan tersebut mereka diminta untuk membuat laporan tentang kegiatan yang sudah di lakukan. (ar)