Peringatan Sumpah Pemuda di MTs Surya BuanaKota Malang – Berbagai macam kegiatan digelar dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Tak terkecuali di MTs Surya Buana, mereka memperingati hari sumpah pemuda dengan menggelar lomba membaca teks sumpah pemuda (28/10/2013). Acara yang dimotori oleh OSIS MTs SB itu berlangsung meriah.

Kegiatan pada hari itu diawali sambutan oleh ketua OSIS MTs SB, Alfina Nur Isyrofi. Siswa yang sekarang duduk di kelas 8 itu menyampaikan bahwa kegiatan peringatan sumpah pemuda dilaksanakan sebagai upaya untuk mengenang semangat para pemuda. Selain itu, dengan peringatan sumpah pemuda diharapkan generasi muda khususnya pelajar mempunyai semangat yang tinggi untuk mencintai bangsa Indonesia. “kita harus mempunyai semangat yang  tinggi untuk mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa ini, yaitu dengan belajar yang rajin”, sambungnya.
Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Waka Kesisiwaan, Siti Zubaidah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa acara peringatan sumpah pemuda perlu dilaksanakan dalam rangka memupuk semangat mencintai bangsa indonesia, menanamkan jiwa persatuan dan menjaga bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu. Mengartikan sumpah pemuda tidak hanya cukup menghafal teksnya diluar kepala. Tapi lebih dari itu, yakni memahami bahwa hanya dengan persatuan bangsa indonesia bisa merdeka. Maka tugas sebagai pelajar adalah berusaha memajukan bangsa indonesia dengan giat belajar, senantiasa berprestasi dan melakukan hal-hal yang positif. “Pergunakankalah waktu kalian sekarang sebagai pemuda/pelajar untuk belajar dengan giat”, sambungnya.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan lomba membaca teks sumpah pemuda. Secara bergiliran, mereka berlomba-lomba membaca teks sumpah pemuda dengan penuh semangat. Karena nantinya akan dipilih yang terbaik, mereka bersemangat unjuk kemampuan mempersembahkan yang terbaik. Diantaranya terlihat pada penampilan salah satu peserta dari kelas 7 yang penuh penghayatan dan semangat membacakan teks sumpah pemuda dengan meniru gaya Soekarno saat berpidato. Sontak penampilan siswa yang satu itu disambut meriah oleh teman-temannya.
Semua siswa tampak antusias mengikuti kegiatan itu. “kami senang, dan bersemangat mengikuti kegiatan ini”. Kata salah satu siswa kelas IX. (ar)