MTs SURYA BUANA OUTBOUND DI LANAL MALANGKota Malang – Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs SB) melaksanakan outbound di pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Malang, Rabu (09/10/2013). Outbound merupakan salah satu program unggulan dari beberapa program unggulan yang lain di madrasah yang beralamatkan di Jl. Gajayana IV/631 itu.

Seperti outbound-outbound sebelumnya, para siswa peserta outbound didampingi oleh guru dan wali kelas masing-masing. Sementara pemandunya langsung dari para TNI Angkatan Laut.
Acara dimulai dengan presensi terlebih dahulu oleh wali kelas masing-masing. Setelah seluruh siswa dipastikan datang, acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok oleh Dantim Outbound dari TNI AL Sriharjo. Bapak TNI AL berpangkat kapten tersebut membagi peserta outbound menjadi 8 kelompok. Setiap kelompok memilih satu dari mereka untuk menjadi ketua.
Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh kepala MTs Surya Buana Akhmad Riyadi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pihak TNI AL yang sudah menyediakan tempat dan meluangkan waktunya untuk membimbing anak-anak outbound. Lebih lanjut beliau menghimbau kepada seluruh peserta outbound untuk sungguh-sungguh mengikuti kegiatan tersebut. Siapa yang sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan pengalaman. “dengan outbound seperti ini, anak-anak akan dilatih bagaimana bekerjasama, melatih kekompakan, disiplin dan percaya diri,” sambung beliau.
Sementara Koordinator Outbound dari TNI AL Guntur Alamsyah menambahkan bahwa outbound akan di kemas dalam bentuk permainan. Tapi bukan sekedar permainan, ada pesan yang akan diperoleh dari setiap permainan. “permainan yang akan kita laksanakan, bernuansa edukatif,” kata bapak berpangkat mayor tersebut. Tidak lupa beliau juga menanyakan siapa saja dari peserta outbound yang sakit. Serentak ada beberapa siswa yang sakit langsung menuju ke depan. Mereka membentuk kelompok tersendiri, dan diberi permainan yang ringan.
Setelah pengarahan selesai masing-masing ketua kelompok mengambil undian urutan permainan yang akan dilaksanakan. Permainan dalam outbound hari itu ada 8, diantaranya adalah flying fox, sungai beracun,  pipa bocor dan lainnya. Secara bergantian setiap kelompok menuju 8 permainan yang sudah dipersiapkan. Dengan dipandu oleh para TNI AL masing-masing kelompok memulai outbound. Di flying fox misalnya mereka diuji keberaniannya. Begitupun di permainan yang lain, ada pelajaran dan pengalaman yang bisa di peroleh disetiap permainan.
Acara selesai pada pukul 15.00 WIB. Semua peserta outbound sangat antusias mengikuti kegiatan pada hari itu. Tanggapan mereka juga positif, banyak pelajaran dan pengalaman yang mereka dapatkan. “kami sangat senang, mengikuti kegiatan seperti ini, kami bisa belajar kekompakan, kedisiplinan, kepercayaan diri, dan lain-lain, pokoknya seru deh...,” kata salah satu peserta outbound.
Tidak ketinggalan untuk memupuk kemampuan siswa dalam hal menulis, mereka juga diminta untuk menuliskan hasil kegiatan pada hari itu dalam bentuk laporan yang dikumpulkan ke esokan harinya ke wali kelas masing-masing. (ar)