MTs SURYA BUANA BER-WISATA KAMPUS KE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANGKota Malang – Siswa MTs Surya Buana (MTs SB) mulai kelas VII, VIII, dan IX melaksanakan wisata kampus (21/09/2013), bertempat di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Selama 1 hari, seluruh siswa diajak berkeliling observasi di kampus yang dikenal dengan kampus putih tersebut.

Selain guru dan wali kelas, guru-guru PPL dari UMM juga ikut membantu kegiatan tersebut. Para siswa datang dengan mengenakan seragam pramuka lengkap. Mereka tidak lupa membawa alat-alat tulis dan peralatan shalat.
Acara dimulai dengan shalat dhuha 8 rakaat di masjid AR- Fachrudin pukul 07.00. Ibadah shalat dhuha merupakan aktivitas rutin setiap hari yang dilakukan oleh seluruh warga madrasah tsanawiyah yang beralamatkan di Jl. Gajayana IV/631 itu. Acara kemudian dilanjutkan dengan presensi kehadiran siswa. Mereka berkumpul sesuai dengan kelasnya masing-masing. Satu persatu siswa mengacungkan tangannya pada saat namanya dipanggil sebagai tanda kehadiran mereka. Setelah itu, penjelasan mengenai seluruh rangkaian kegiatan pada hari itu, termasuk tugas yang harus mereka kumpulkan setelah kegiatan.
Dimulai dari dari siswa kelas IX, disusul kemudian oleh kelas VIII dan terakhir kelas VII, mereka secara bergiliran menuju tempat observasi yang sudah ditentukan. Adapun tempat yang dikunjungi adalah pusat IPTEK, Laboratorium IPA, Laboratorium Kimia dan ARBORETUM. Di pusat IPTEK mereka mengamati beberapa benda yang merupakan hasil karya mahasiswa UMM. Dengan sangat teliti mereka mencoba beberapa alat yang ada di sana sambil mendengarkan pemandu yang menjelaskan cara kerja dan fungsi alat-alat tersebut. Tak lupa mereka juga mencatat hal-hal penting sebagai bahan laporan.
Sedangkan di Laboratorium IPA mereka mendengarkan penjelasan seputar biologi, cara menggunakan beberapa alat, seperti mikroskop dan yang lainnya. Mereka juga mengamati benda-benda yang ada di laboratorium, seperti cacing, hewan yang sudah diawetkan dan lain sebagainya. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke ARBORETUM. Di sana mereka mengamati beberapa jenis hewan langka yang dilindungi seperti merak, rusa, dan beberapa hewan lainnya. Di sela-sela melakukan pengamatan, mereka juga asyik berdiskusi dengan sesama temannya terkait beberapa jenis hewan dan tumbuhan di tempat itu.
Kegiatan dilanjutkan dengan bermain flying fox. Satu persatu dari mereka uji keberanian. Mereka begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pada hari itu. Setelah jam menunjukkan pukul 13.00, mereka didampingi oleh gurunya masing-masing menuju masjid AR-Fachrudin UMM untuk shalat dhuhur berjamaah dan diakhiri dengan menyusun laporan.
Kepala MTs Surya Buana, Akhmad Riyadi menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini diharapkan dapat memotivasi seluruh siswa untuk lebih giat lagi belajar, cinta lingkungan dan ada suasana belajar baru yang bisa mereka diperoleh. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa siswa tidak sekedar mengikuti kegiatan seperti ini, tetapi mereka juga diminta untuk menuliskan pengalaman mereka serta hasil observasinya dalam bentuk laporan. “ya, anak-anak kami selalu dibiasakan untuk menulis laporan, dan laporan terbaik di masing-masing kelas akan ada reward/penghargaan” paparnya. Kegiatan semacam ini, merupakan kegiatan rutin yang sudah diagendakan minimal 2 kali dalam 1 semester.
Sementara para siswa peserta outbound ketika ditanya tanggapannya terhadap kegiatan tersebut, mereka menggapinya sangat positif. Selain menambah wawasan, mereka juga sangat senang. “saya sangat senang sekali dengan kegiatan seperti ini, menyenangkan, mengasyikkan dan mencerdaskan, pokoknya luar biasa” kata salah satu siswa kelas VII. (ar)