Ujian Nasional (UN) 2013 di MTs Surya BuanaKota Malang – Senin (22/04/2013) seluruh siswa kelas IX MTs SB melaksanakan Ujian Nasional (UN) hari pertama. Sebelum ujian dimulai anak-anak berkumpul di mushalla untuk shalat dhuha dan do’a bersama. Shalat dhuha menjadi aktivitas rutin setiap pagi yang dilaksanakan di MTs ini sebelum memulai aktitivitas/kegiatan yang lain.

Hal ini dilakukan dalam rangka beribadah, mendekatkan diri kepada ALLAH SWT serta mendidik dan membiasakan anak-anak agar selalu shalat dhuha. Kata Direktur Perguruan Surya Buana. Drs. H. Abdul Djalil, M.Ag. Lebih lanjut orang yang biasa dipanggil Abah Djalil ini menjelaskan bahwa shalat dhuha itu banyak sekali manfaatnya, apalagi menjelang ujian begini.
Setelah shalat dhuha seluruh siswa langsung naik ke lantai 3 persiapan masuk ruang ujian. Sambil menunggu pengawas yang sedang mendapat pengarahan dari kepala MTs SB, seluruh siswa siap-siap sambil baris di depan ruangan masing-masing. Pengarahan dari kepala MTs sudah selesai masing masing pengawas menuju ruangan, diikuti oleh seluruh siswa di masing-masing ruangan. Dipimpin oleh ketua ruang masing-masing seluruh siswa berdo’a dulu dan salam kepada pengawas sebelum mengerjakan soal ujian.
Soal ujianpun dibagikan oleh pengawas, setelah itu pengawas membacakan tata tertib dan meminta siswa mengecek soal untuk memastikan apakah ada soal yang rusak/cacat. Lalu memberikan waktu untuk mengisi biodata dan mempersilahkan anak-anak untuk mulai mengerjakan soal. Ada 4 mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Adapun durasi waktunya sama untuk semua mata pelajaran yakni 120 menit. Kata sekretaris UN, Fifin Endriana.
Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di MTs SB berjalan tertib dan lancar. Kepala MTs SB, Akhmad Riyadi menyampaikan bahwa siswa kelas IX MTs SB yang mengikuti UN tahun ini sebanyak 59 siswa. Terdiri atas 31 putra dan 28 putri. Terbagi menjadi 3 ruang, yaitu ruang 45, 46 dan 47. Alhamdulillah hari pertama bisa berjalan dengan baik dan lancar, mudah-mudahan sampai hari terakhir tidak ada kendala yang berarti, sambungnya. Seperti yang sudah dijadwalkan bahwa UN untuk tingkat SMP/MTs akan diselenggarakan selama 4 hari yaitu 22-25 April 2013.

Lebih lanjut riyadi menjelaskan bahwa UN tahun ini agak sedikit berbeda dengan UN tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya paket soal dalam satu ruang hanya 5, untuk tahun ini ada 20 paket soal yang berbeda untuk satu mata pelajaran. Jadi dipastikan tidak ada soal yang sama dalam satu ruang. Kemudian LJK untuk tahun ini melekat pada soal. Jadi anak-anak harus lebih hati-hati memisahkan LJK dengan lembar soal. (ar)