MTs Surya Buana Peringati Hari KartiniKota Malang – Sabtu pagi (20/04/2013) seluruh siswa MTs SB memperingati hari kartini. Kegiatan yang dikoordinir oleh OSIS ini diawali dengan shalat dhuha yang merupakan aktivitas rutin tiap hari yang dilaksanakan di madrasah ini. Setelah shalat dhuha pembukaan langsung dimulai. Dalam hal ini yang membuka acara adalah Direktur Perguruan Surya Buana, Drs. H. Abdul Djalil Z, M.Ag didampingi kepala MTs SB.

Dalam sambutannya mantan kepala MAN 3 Malang ini mengemukakan bahwa anak-anak harus bisa mengambil makna dari peringatan hari kartini ini, salah satunya adalah meniru semangat ibu kartini dalam hal memperjuangkan hak-hak kaum perempuan untuk mendapatkan pendidikan.
Acara kelihatan lebih meriah pada saat MC memandu kuis. MC yang terdiri dari 3 siswa kelas VIII ini membacakan beberapa pertanyaan seputar Ibu Kartini diantaranya: kapan kartini lahir, pada usia berapa wafat, dan seterusnya. Serentak siswa yang menjadi peserta mengangkat tangannya berebut untuk menjawab. Semua pertanyaan yang diajukan bisa dijawab dengan sempurna. Bagi yang berhasil menjawab berhak mendapatkan hadiah berupa voucher.
Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan lomba pensi dari masing-masing kelas. Kreativitas siswa tampak disini, ada yang menampilkan musik, puisi, drama, dan masih banyak yang lain. Tim juri yang terdiri dari 3 guru menyampaikan bahwa anak-anak penampilannya luar biasa, kreativitas mereka patut diacungi jempol, kami bingung memilih juaranya yang mana, karena semuanya bagus. Karena ini adalah lomba, maka kami harus memilih pemenangnya. Sambung salah satu juri. Setelah penampilan semua kelas selesai, acara dilanjutkan dengan lomba berikutnya yaitu lomba kebersihan dan menghias kelas.
Dengan diadakannya lomba kebersihan dan menghias kelas ini, seluruh siswa diharapkan mempunyai kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekitar. Kata waka kesiswaan, Moh. Soleh. Lebih lanjut alumni UM ini menjelaskan bahwa kami selalu mengadakan kegiatan yang dikemas dengan lomba-lomba. Harapannya anak-anak bisa mengasah kemampuan masing-masing dan bisa berkompetisi yang sehat dengan sesama temannya. Selain itu juga memotivasi anak-anak untuk menunjukkan yang terbaik.

Setelah semua rangkaian kegiatan selesai acara dilanjutkan dengan pengumuman para pemenang lomba sekaligus penyerahan hadiah. Kemudian penutupan. Acara ditutup oleh kepala MTs SB, Akhmad Riyadi. Alumni UM ini mengucapkan selamat kepada para pemenang, bagi yang belum berhasil jangan kecewa karena masih ada lomba-lomba lain, serta kesempatan untuk menunjukkan yang terbaik. Lebih lanjut beliau memotivasi anak-anak agar mengenali potensi dan bakat yang ada pada diri masing-masing. Potensi itulah yang kemudian harus dipupuk dan dikembangkan agar bisa menjadi orang yang sukses. (ar).