Kota Malang - Ribuan siswa-siswi RA/TK/MI/MTs/MA se-kota Malang, Kamis 22 Nopember 2012 kumpul di halaman Balai Kota Malang. Dengan busana muslim, kehadiran siswa-siswi ini untuk mengikuti pawai peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1434 H yang diselengarakan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang.

Pawai yang dimulai pukul 08.00 WIB itu diikuti 210 peleton. Masing-masing pleton terdiri dari 30 - 50 siswa. Setiap pleton bersaing menampilkan pertunjukan yang apik. Tak hanya mengenakan busana muslim yang unik, beragam kreasi juga ditampilkan dengan sepeda hias, drumband, becak hias sampai odong-odong.
MTs SB yang dalam hal ini urutan ke-119 menampilkan tari Saman lengkap dengan busananya. Sebanyak 42 siswa dari MTs SB secara satu per satu berangkat dengan diawali ciri khas salam Surya Buana di depan para juri. Pawai itu mengambil start dari halaman balai kota. Melintasi rute Jalan Kahuripan menuju pertigaan Jalan Basuki Rahmat, lalu belok kiri dan finish di masjid jamik di jalan Merdeka Barat. Sebanyak 3 kali pasukan MTs SB menampilkan tari saman dan salam surya buana. Pertama di awali salam Surya Buana di depan balai Kota Malang, kemudian Tari Saman di depan Sarinah dan yang terakhir di depan Masjid Jamik Kota Malang. Penampilan MTs SB banyak menyedot perhatian pengunjung dan pengguna jalan.
Pawai dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam itu baru kali pertama digelar. Rencananya, pawai tersebut akan diselenggarakan rutin setiap tahun. Pawai ini bertujuan untuk mendorong semangat lembaga pendidikan khususnya yang berada dilingkungan Kota Malang serta menggali potensi siswa. (ar)