Masih berada di tengah pandemi Covid-19, MATSASURBA terus berusaha memberikan pelayanan sebaik mungkin untuk para siswa, salah satunya program belajar. Tidak hanya belajar mata pelajaran sekolah, MTS SURYA BUANA juga telah merancang program belajar tilawah Bersama para guru Ummi. Pembelajaran tilawah ini berlangsung setiap hari layaknya pembelajaran formal. Tidak hanya itu, para guru Ummi juga mengadakan munaqosyah untuk menguji kemmapuan siswa, baik dari tajwid, gharib, hafalan, maupun tartil.

Munaqosyah Ummi telah dilaksanakan sebelum Home Learning Program diberlakukan. Akan tetapi, ada beberapa siswa yang berhalangan hadir dan nilai kurang memenuhi KKM saat munaqosyah tersebut sehingga diselenggarakanlah munaqosyah daring. Munaqosyah daring ini dilaksanakan pada Senin, 11 Mei 2020 melalui video call via WhatsApp dengan guru tilawah masing-masing. Para siswa yang remidi dan susulan tersebut telah dibina secara khusus oleh para guru ummi selama satu minggu sebelumnya.

Dengan diadakannya munaqosyah ini, diharapkan siswa agar lebih lancar membaca Alquran, baik dari aspek tajwid, gharib, fashohah, maupun ketartilannya. Tidak hanya itu, bagi para siswa kelas hafalan juga diharapkan untuk selalu menjaga hafalan Alquran mereka agar tidak lupa. MATSASURBA berharap program tilawah dengan guru Ummi ini bisa mencetak generasi cerdas qurani yang bisa menebarkan kebaikan bagi sesama. (RIN)